Sign Up search


moms-life

Tips Menata Rumah Minimalis Modern Tanpa Budget Membengkak

Yuni Ayu Amida Sabtu, 15 Feb 2020 12:20 WIB
Tips Menata Rumah Minimalis Modern Tanpa Budget Membengkak caption
Jakarta - Rumah minimalis modern termasuk hunian idaman saat ini, Bunda. Pasalnya, desain yang sederhana namun hangat, tentu membuat pemilik hunian akan merasa nyaman tinggal di rumah.

"Minimalisme adalah pendekatan untuk merancang elemen-elemen struktur disederhanakan jadi komponen-komponen esensial, dengan ditambahkan efek," jelas Jennifer Tulley dari Jennifer Tulley Architects, dilansir Elle Decor.


"Desainnya harus jelas dan sederhana, tetapi tidak membosankan. Di sinilah penggunaan cahaya, bentuk, dan bahan-bahan yang indah menjadi penting," sambungnya.


Sementara itu, dikutip dari Yr Architecture, karakteristik desain rumah minimalis modern meliputi, sederhana dalam bentuk dan fungsi, atap dan dinding tanpa komplikasi atau tidak didesain rumit. Bersih, terbuka, dan ruang diisi dengan cahaya, detail sederhana tanpa hiasan. Pemilihan material untuk minat visual, tekstur, dan kepribadian lebih terstruktur.

Nah, berikut ini tips menata rumah minimalis modern namun hemat budget, dilansir berbagai sumber.

1. Mulai dengan ruang yang sering ditempati

Tips Menata Rumah Minimalis Modern Tanpa Budget MembengkakTips Menata Rumah Minimalis Modern Tanpa Budget Membengkak/ Foto: iStock


Menurut ahli desain minimalis, Joshua Becker, untuk menata rumah minimalis mulailah dengan ruangan yang paling sering ditempati, seperti kamar. Tujuannya agar kita bisa membangun keterampilan dan kepercayaan diri untuk menata ruangan, serta merasa nyaman dengan gaya minimalis.

Selain itu, dengan memulai dari satu ruangan ke ruangan lain, bisa membantu hemat biaya, karena tidak dilakukan sekaligus.

2. Singkirkan benda yang menghabiskan tempat

Sofa mewah yang kerap ada di ruang tamu biasanya menghabiskan tempat dan membuat ruang tamu terlihat tidak minimalis. Selain itu, ruang tamu biasanya sepi dan jarang digunakan jika tidak ada tamu yang berkunjung.

Daripada tidak terpakai dan hanya jadi pajangan, Becker menyarankan untuk menyingkirkan sofa. Ini juga untuk meminimalkan budget karena artinya kita tidak perlu membeli sofa. Sebagai gantinya, bisa letakkan karpet hangat dan bantal duduk.

"Singkirkan sofa, ini akan menjadikan ruangan lebih hangat ketika berkumpul," jelas Becker, dikutip dari Sparefoot.

3. Tak perlu beli perabotan baru, namun atur tata letak

Misal, lemari pakaian. Alasan mengganti lemari pakaian lama ke lemari pakaian baru yang lebih besar adalah karena kita memiliki terlalu banyak pakaian. Bisakah kita tidak sering belanja pakaian?

Keputusan untuk tidak memiliki banyak pakaian, akan membuat kita punya lebih banyak pemasukan dan sedikit pengeluaran. Serta tak perlu mengganti lemari pakaian baru.

Selain itu, sesuaikan perabotan yang akan diletakkan di tiap ruangan sesuai dengan ukuran. Misalnya, jika ukuran dapur rumah tidak besar, maka belilah meja makan kecil namun cukup untuk keluarga. Pertimbangkan apa yang harus disimpan dan disingkirkan di dapur atau ruangan lainnya.


Simak juga manfaat anak main sepeda dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi