moms-life

Penyesalan Ashanty Diet Sembarangan dari Usia 15 Tahun

Siti Hafadzoh Senin, 02 Dec 2019 07:22 WIB
Penyesalan Ashanty Diet Sembarangan dari Usia 15 Tahun
Jakarta - Memiliki tubuh langsing adalah idaman semua wanita. Termasuk selebriti cantik, Ashanty. Ia ternyata sempat mencoba diet yang salah dan malah berdampak buruk bagi kesehatannya.

Baru-baru ini, Ashanty mengakui di media sosial Instagram-nya bahwa ia pernah minum obat diet sembarangan. Ini karena dulu tubuh Ashanty gemuk dan ia selalu dibully.


"Jujur aku mau cerita pengalaman aku dari umur 15 tahun yg udah ngga sehat.. salah satunya minum obat diet sembarangan, ngga ke dokter beneran, dan mungkin sakit aku sekarang salah satunya karena puluhan tahun minum obat2an ngga jelas itu. saking dulu smp gemuk banget dan dibully terus, jadi semua cara aku lakuin buat kurus," tulis Ashanty di media sosial Instagram-nya.


Istri Anang Hermansyah ini juga sempat gemuk setelah melahirkan anak pertamanya, Arsy. Ia stres karena tubuhnya yang kembali gemuk. Jadi, ia tetap meneruskan obat diet yang tidak jelas tersebut. Tapi, setelah melahirkan anak keduanya, Ashanty sudah berhenti mengonsumsi obat diet tersebut.

"Setelah lahiran arsya aku ngga akan lagi minum obat2 diet yg ngga jelas. Yg ngga dari dokter..memang hasilnya cepet banget, tapi hasil akhirnya kita ngga tau. Salah satunya mungkin sakit yg aku alami skr," jelasnya.

Ashanty berpesan kepada netizen bahwa penampilan memang penting, Bun. Kita harus melakukan diet yang aman. Jangan sampai badan kurus, tapi malah sakit-sakitan.

Penyesalan Ashanty Diet Sembarangan dari Usia 15 TahunFoto unggahan Ashanty/ Foto: Instagram @ashanty_ash

"jangan kayak aku dulu mau segala sesuatu instant, efek nya bahaya.. carilah diet yg aman, yg sehat, harus sabar dan harus commit pasti bisa!!" tulisnya.

Penggunaan obat atau pil diet memang berbahaya bagi kesehatan. Apalagi kalau obat-obatannya tidak memiliki izin edar yang jelas. Mengutip My Food Diary, obat diet yang dijual sembarangan memiliki efek samping berbahaya untuk kesehatan. Di antaranya berikut ini, Bun.

1. Tidak ada garansi

Berbagai produsen obat diet memasukkan bahan yang tidak aman bagi tubuh. Terlebih, kalau obat tersebut belum tercantum di BPOM.

2. Meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke

Bahan utama dalam sebagian besar pil diet adalah stimulan yang telah ditemukan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

3. Membuat kecanduan

Pil diet banyak yang mengandung amfetamin, obat anti kecemasan dan antidepresan. Tidak hanya amfetamin, obat ini juga sering membuat ketagihan.

4. Mengalami beberapa efek samping

Beberapa pil diet mengandung penghambat lemak yang mengurangi penyerapan nutrisi serta menyebabkan sakit perut. Efek samping lain dari pil diet ini yaitu sembelit, sakit kepala, dan perubahan mood.

5. Tidak efektif

Banyak pil diet hanya kombinasi dari kafein dan diuretik lainnya yang menyebabkan kehilangan air. Mungkin berat badan akan berkurang. Tapi, ini bukan berarti lemaknya hilang. Ini karena banyak air yang keluar. Hati-hati ya, kehilangan banyak air dapat menyebabkan dehidrasi.

Daripada konsumsi obat diet yang tidak jelas, lebih baik benahi pola makan. Lihat penjelasan porsi makan di video berikut ini yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi