moms-life

5 Tips Bersihkan Bekas Noda Membandel di Piring & Kotak Makan

Siti Hafadzoh Senin, 02 Dec 2019 14:27 WIB
5 Tips Bersihkan Bekas Noda Membandel di Piring & Kotak Makan 5 Tips Bersihkan Bekas Noda Membandel di Piring & Kotak Makan/ Foto: iStock
Jakarta - Noda bekas bumbu di tempat makan biasanya memang sulit hilang. Noda cabai, kunyit dan pewarna makanan biasanya akan meninggalkan bekas yang membuat piring atau kotak makan terlihat kotor.

Kalau sudah begitu jadi malu ya, Bun, mau memakai tempat tersebut. Apalagi kalau mau meyajikan piring untuk tamu. Kalau sabun pencuci piring sudah enggak ampuh, ternyata ada cara lain yang lebih mudah membersihkan tempat makan dari noda tersebut.


Membersihkan noda di tempat makan bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Dirangkum dari Momables dan Foodal, berikut tips membersihkan noda di tempat makan.


1. Cuka

Campur dengan takaran 1:1 cuka dengan air untuk membuat zat pembersih alami. Tuangkan larutan ke dalam wadah dan diamkan selama beberapa jam. Kemudian, cuci wadah seperti biasa dan biarkan hingga kering. Bau cuka akan menghilang ketika wadah kering.

2. Baking soda

Buat pasta baking soda dengan menambahkan air. Oleskan ke area yang bernoda dan biarkan selama beberapa jam. Kemudian, bersihkan dengan spons. Cuci wadah seperti biasa dan biarkan kering.

5 Tips Bersihkan Bekas Noda Membandel di Piring & Kotak MakanIlustrasi tempat makan plastik/ Foto: iStock
3. Lemon

Oleskan perasan lemon pada area yang bernoda pada wadah. Letakkan jus lemon di area yang ada noda. Lalu, letakkan di bawah sinar matahari selama 1 sampai 2 hari. Matahari dan perasan lemon bekerja untuk menghilangkan noda.

4. Pembersih tangan (hand sanitizer)

Alkohol yang terkandung di dalam pembersih tangan merupakan bahan aktif yang efektif untuk membersihkan alat makan. Masukkan hand sanitizer ke dalam wadah, lalu gosok. Kemudian bilas hingga bersih dan keringkan.

5. Pemutih

Pemutih dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta, jus, soda, kopi, teh, saus tomat, dan pewarna makanan lainnya. Buat larutan air dengan satu sendok makan pemutih per satu cangkir air. Biarkan wadah terendam dalam larutan selama satu atau dua jam. Setelah noda hilang, cuci wadah hingga bersih, bilas, lalu keringkan.

Selamat mencoba!

5 Tips Bersihkan Bekas Noda Membandel di Piring & Kotak Makan

Bunda, simak juga cara sederhana untuk menghilangkan minyak di meja dapur dalam video berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi