moms-life

Prosedur Tanam Benang untuk Kencangkan Kulit, Seperti Apa?

Annisa Karnesyia Rabu, 04 Dec 2019 09:20 WIB
Prosedur Tanam Benang untuk Kencangkan Kulit, Seperti Apa?
Jakarta - Prosedur tanam benang menjadi prosedur kecantikan yang diminati banyak wanita. Selain bisa mengencangkan kulit, wajah bisa terlihat awet muda, Bun.

Menurut dokter kulit dari RS Atma Jaya, dr.Inneke Jane Hidajat, Sp.KK., MKes, prosedur tanam benang adalah tindakan menggunakan benang yang dibuat khusus dalam kemasan steril. Fungsinya untuk merangsang pembentukan kolagen pada kulit atau area yang dilakukan tanam benang.


"Prosedurnya dengan cara menggunakan kanula atau semacam alat seperti jarum berisi benang. Alat ini untuk menanamkan benang di bawah kulit pada area yang akan dilakukan tindakan," kata Inneke kepada HaiBunda.


Tindakan tanam benang yang populer digunakan adalah teknik 'face-lift'. Terutama untuk mengencangkan kulit wajah yang sudah mengendur karena bertambahnya usia dan dilakukan tanpa tindakan operasi.

Tanam benang juga bisa digunakan untuk membentuk wajah tirus. Sekarang, prosedur ini bisa untuk memancungkan hidung, membuat tulang hidung tampak lebih tinggi, mengatasi leher kendur, kemudian mengurangi kerutan dan kekenduran kulit, pengencangan area lengan, bokong, payudara, mengecilkan perut, double chin, dan lipatan mata.

Ilustrasi tanam benangIlustrasi tanam benang/ Foto: iStock

Jika Bunda tertarik melakukan prosedur ini, pahami dulu syarat dan risikonya ya. Kata Inneke, semua tergantung dari tindakan apa yang dilakukan.

Efek samping tanam benang yaitu wajah tampak bengkak, terasa kencang, dan kadang timbul memar. Pastikan dokter yang menangani tahu benar riwayat kesehatan kita.

"Jika pengerjaan tidak steril bisa infeksi, bisa alergi jika tidak diketahui riwayat sebelumnya, granuloma (kelainan jaringan tubuh karena peradangan)," tutur Inneke.

Mengutip laman American Society of Plastic Surgeons, pemulihan tanam benang relatif mudah dan cepat. Prosesnya dilakukan dengan anestesi lokal, bukan umum.

Penting untuk memastikan bahwa seseorang yang melakukan tanam benang tidak menggosok, membersihkan, dan menggunakan pelembab di wajah selama satu minggu. Sejauh ini, prosedur tanam benang tidak memiliki risiko dan komplikasi. Namun, dalam beberapa kasus pasien bisa mengalami iritasi.

Bunda, intip yuk keseruan keluarga Raffi Ahmad berlibur keliling dunia, dengan klik banner di bawah ini.

Prosedur Tanam Benang untuk Kencangkan Kulit, Seperti Apa?

Simak juga teknik perawatan wajah dengan BB Glow di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi