sign up SIGN UP search


moms-life

Masih Buron Interpol, Ini 5 Kebohongan Sosialita Palsu Hong Kong Asal RI Azura Luna

Asri Ediyati   |   Haibunda Minggu, 17 Jul 2022 14:52 WIB
Sosialita Hong Kong asal RI, Azura Luna Mangunhardjono jadi sorotan lantaran diduga melakukan kebohongan dan penipuan. Hingga kini masih menjadi buron interpol. caption
Jakarta -

Don't judge the book by its cover, ungkapan itu bisa dijadikan pelajaran bagi kita agar tidak tertipu dari penampilan seseorang. Bunda tentu masih ingat sosialita Hong Kong asal Indonesia, Azura Luna Mangunhardjono yang jadi sorotan karena kasus penipuan di Hong Kong dan Amerika Serikat (AS).

Hingga kini Azura Luna masih menjadi buron interpol. Ia bukan wanita sembarangan, ia memiliki banyak pengikut di Instagram. Lingkaran pertemanannya begitu luas, sampai selebritas Hollywood pernah berfoto dengannya di sebuah restoran.

Berikut lima kebohongan besar sosialita Hong Kong asal RI tersebut dilansir South China Morning Post.

1. Nama dan asal-usul Azura

Kebohongan yang diduga dilakukan Azura Luna ini dibeberkan oleh Jason, seseorang yang pernah sangat dekat dengannya. Azura mengaku ia tumbuh besar di London, Paris, dan Bali. Padahal, seseorang tak diketahui memberi tahu, nama aslinya diduga bukan Azura Luna Mangunhardjono melainkan Enjang Widhi Palupi. Ia lahir di Kediri, 27 Oktober 1978. Itu adalah informasi yang didapatkan dari grup WhatsApp yang diduga korban penipuan Azura.

2. Mengaku kuliah di universitas prestisius, salah satunya MIT

Perilaku Azura seakan meyakinkan lawan bicaranya. Menurut Robert, mantan kekasihnya di Los Angeles, Azura mengaku kuliah di beberapa universitas prestisius.

"Dia sering mengatakan kepada saya bahwa dia adalah salah satu anak paling berbakat yang pernah ada, menurut semacam tes IQ. Dia akan berbicara tentang teman-teman Harvard-nya, teman-teman Brown University-nya. Itu semua omong kosong, tapi dia sangat pandai memainkan peran," kata Robert.

Lalu, di halaman LinkedIn Azura, ia mengaku sebagai direktur pelaksana "Grup Penasihat APAC". Lulusan psikologi di Dartmouth College, di New Hampshire, Amerika Serikat. Ia juga mendapat gelar MBA dari Universitas Cambridge Inggris dan terjun ke bidang teknik kedirgantaraan di MIT, di AS.

3. Mengaku kaya dari lahir

Azura mengaku pada Jason, ia memiliki 10 persen dari Hotel Four Seasons di Hong Kong. Ia punya apartemen di lingkungan kaya raya, punya segudang wine mahal. Azura mengaku ia lahir di keluarga yang merupakan 10 orang terkaya di Indonesia. Uang jajannya Rp2,1 miliar per bulan, ia bepergian dengan jet pribadi.

Dia memberi tahu Jason bahwa ibunya adalah seorang pengacara jet-set. Sekarang ayahnya sudah meninggal, Azura mengatakan dia akan mewarisi Rp4,2 triliun dan kapal pesiar atau perkebunan.

Azura juga pamerkan sepatu desainer, foto selfie di Paris Fashion Week, spa di California, pantai di Italia, dan di gedung pencakar langit Manhattan. Lalu ada foto dirinya dengan bantalan Rolls-Royce yang tampak seperti pelat nomor Inggris, BO55 AZL, yang diparkir bersama jet pribadi. Padahal mobil itu adalah mobil yang disewa dari AZ Luxe di London, persis dengan inisial Azura.

Azura LunaAzura Luna/ Foto: Instagram

4. Diduga jual tas Hermes palsu hingga Rp1,2 M

Pada hari Senin, 26 November 2018, enam petugas polisi dari Stasiun Hollywood Barat Los Angeles mengepung salah satu bungalo pribadi bergengsi di kebun seluas 12 hektare di Beverly Hills Hotel.

Salah seorang penduduk LA, Sophia, mengklaim bahwa dia telah membeli tas Hermes senilai lebih dari Rp1,2 miliar dari koleksi pribadi Azura Mangunhardjono selama setahun terakhir. Sophia percaya tas itu dijual untuk mengumpulkan uang untuk salah satu badan amal Azura.

Tetapi ketika Sophia mengambil empat tas tangan eksklusif untuk autentikasi, dua toko memberitahunya bahwa itu palsu. Alhasil dia memanggil polisi. Azura ditangkap dan dikawal dari bungalonya dengan diborgol ke Kantor Sheriff Hollywood Barat karena menjual barang-barang palsu.

5. Diduga bawa kabur lukisan mahal

Partner galang dana yang berbasis di Hong Kong, Diane bertemu Azura pada tahun 2003 melalui suami Azura saat itu, pengusaha hotel Brad Kirk. Mereka dekat dan lama-lama bersahabat. Azura kemudian meminjam lukisan dari Diane untuk acara khusus dan diduga tidak mengembalikannya.

Ada karya seni Indonesia yang asalnya dipertanyakan yang dijual dengan harga 'teman' untuk mengumpulkan uang untuk 'amal'. Kemudian seorang teman memberi tahu Diane bahwa berteman dengan Azura merusak reputasinya. Jadi Diane berhenti berbicara dengannya sekitar empat tahun yang lalu.

Simak juga cara membuat dompet DIY:


[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!