sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Cantik dalam Islam ala Istri Rasulullah

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 06 Dec 2019 14:40 WIB
Beberapa di antaranya sudah sering kita kenakan seperti celak, katanya bisa bantu untuk menumbuhkan rambut. caption
Jakarta - Mau cantik tapi enggak punya budget besar untuk perawatan, Bun? Enggak perlu galau karena merawat diri bisa dilakukan dengan cara alami. Seperti yang diajarkan agama Islam kepada para muslimah.

Perlu diingat kalau kecantikan tak hanya soal fisik semata. Karena seharusnya, cantik juga datang dari dalam hati yang disebut dengan inner beauty. Sehingga penting juga untuk mengendalikan hawa nafsu dan juga kedisiplinan.


Kunci untuk mempercantik diri bisa dimulai dari pola hidup sehat, Bun. Di antaranya rajin mengonsumsi buah, sayur dan daging. Selain itu, sebaiknya mengamalkan ajaran Rasulullah untuk makan secukupnya. Itu artinya berhenti makan sebelum kenyang. Serta membagi perut menjadi tiga bagian yaitu untuk makanan, air, dan udara.


Perlu Bunda ketahui juga bahwa istri Nabi Muhammad SAW ingin tampil cantik, agar terlihat menarik di depan Rasulullah. Melansir berbagai sumber, mereka juga melakukan perawatan kecantikan dengan bahan-bahan alami yang tak menyalahi syariat Islam.

Bunda ingin mengikuti cara mereka menjaga kecantikan? Berikut bahan-bahan yang bisa Bunda pakai untuk mempercantik wajah yang dianjurkan dalam Islam.

7 Tips Cantik Alami dalam Islam ala Istri Rasulullah Minyak zaitun untuk rawat kecantikan/Foto: iStock

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan alami. Antioksidan dalam minyak zaitun merupakan bahan alami yang bagus untuk mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, dan masuk dalam kategori bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Melansir Medical News Today, minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Seperti yang kita tahu ya, Bun, kalau vitamin E sangat bagus untuk merawat kulit. Termasuk untuk pengobatan psoriasis dan eksim.

"Minyak zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk kulit Anda. Ini adalah antioksidan, sehingga mencegah antioksidan kulit dan dapat mencegah penuaan dini dan kerusakan akibat sinar matahari," ungkap Diana Gall, MD, dokter umum di Doctor4U dilansir dari Good House Keeping.

2. Miswak atau siwak

Melansir dari Sister Magazine, para muslimah juga disarankan untuk merawat kesehatan mulutnya. Gigi yang indah akan meningkatkan penampilan seseorang. Ibnu Abbas berkata, "Utusan Allah memiliki ruang di antara gigi depannya, dan ketika dia berbicara sesuatu seperti cahaya yang tampak keluar di antara gigi depannya." (Darimi)

Sunah hukumnya membersihkan gigi dengan siwak, tongkat kecil yang digosokkan pada gigi. Caranya dengan mengunyah salah satu ujung dan memisahkan serat. Nabi Muhammad SAWA membersihkan giginya dengan siwak sebelum menunaikan salat (dan di waktu lain juga).

3. Henna

Henna tentu sudah umum Bunda jumpai dimana-mana ya. Henna atau inai dibuat dengan menggiling daun kering dari batang tanaman henna menjadi bubuk halus. Kemudian mencampurnya dengan air atau minyak untuk membuat pasta.

Pada zaman Nabi Muhammad SAW, pria dan wanita memanfaatkan henna untuk mewarnai rambut mereka. Pada wanita juga biasanya menggunakan henna untuk menghias tagan dan kakinya.

4. Celak

Kohl atau bubuk gelap halus yang diaplikasikan pada bagian dalam kelopak mata. Mengenakan celak atau kohl merupakan sunnah sebagai perhiasan biasa (lihat Alquarab 24:31). Nabi Muhammad SAW bersabda, " Terapkan kohl karena itu membersihkan pandangan dan membuat rambut tumbuh." (Riwayat Tirmidzi).

7 Tips Cantik Alami dalam Islam ala Istri Rasulullah Parfum untuk menjaga kecantikan/Foto: Istimewa

5. Parfum

Memakai parfum juga disebut sebagai sunah dalam Islam. Tapi harus memilih parfum yang dibuat dari bahan-bahan halal ya, Bun. Itu sebabnya beberapa hadis menyebut parfum sebagai aroma surga. Nabi dan para sahabat disebut menggunakan parfum secara teratur lho. Namun untuk wanita, disarankan untuk memilih parfum yang tidak menyengat.

6. Madu

Melansir Muslim Girl, ada banyak alasan mengapa madu disarankan untuk merawat kecantikan. Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu mengurangi bekas jerawat.

Bunda bisa memanfaatkan madu untuk mengobati kulit merah dan meradang. Gunakan juga sebagai masker yang dicampur dengan jus lemon dan yogurt untuk mencerahkan kulit.

7. Susu

Susu disebut sebagai bahan alami yang bagus untuk merawat rambut. Campurkan denganĀ madu dan gunakan sebagai masker rambut untuk membuatnya sehalus sutra.

Gunakan secara rutin, seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

7 Tips Cantik dalam Islam ala Istri Rasulullah

Simak juga perawatan kecantikan Vega Darwanti dalam video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!