sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tren Olahraga di 2020, Tak Hanya Fokus Pada Penurunan Berat Badan

Asri Ediyati Senin, 30 Dec 2019 07:51 WIB
Di 2020 nanti orang bukan sekadar olahraga untuk menurunkan berat badan tapi lebih dari itu. Berikut tren olahraga paling hit tahun depan. caption
Jakarta - Selama puluhan tahun, gym dan penyedia alat olahraga, studio berfokus pada satu hal yaitu penurunan berat badan. Namun saat ini, sasaran olahraga bervariasi, tak cuma fokus dengan berat badan saja. Payal Kadakia, pendiri dan chairman ClassPass merasa hal ini karena tiap orang memiliki kebutuhan masing-masing.

"Sama seperti setiap jiwa berbeda, demikian pula kebutuhan mereka akan makanan. Saya telah bertemu banyak anggota ClassPass yang berolahraga untuk mengatasi masalah kesehatan, putus cinta, dan bahkan kesedihan yang tidak dapat dipercaya," kata Kadakia dilansir Forbes.


Menurut riset yang dilakukan ClassPass, ini tiga tren olahraga yang bakal ngehit di 2020. Tertarik mencoba, Bunda?


1. HIIT
HIITHIIT/ Foto: thinkstock
Sesi kelas High-intensity interval training (HIIT) adalah salah satu olahraga paling trendi tahun ini dan mungkin akan terus berlanjut ke tahun 2020. HIIT itu seperti latihan olahraga apa pun secara bergantian dengan interval. Misalnya, latihan pemula yaitu berjalan secepat yang kita bisa selama 1 menit dan kemudian berjalan selama 2 menit.

Ulangi interval 3 menit lima kali selama 15 menit. Kedengarannya terlalu sederhana, namun ternyata banyak manfaat yang didapat dari olahraga HIIT. Beberapa di antaranya efisien, olahraga HIIT ideal bagi orang sibuk, lalu Bunda akan bakar lebih banyak lemak.

Dengan olahraga HIIT, Bunda akan membuat jantung lebih sehat, menurunkan berat badan tapi bukan massa otot, meningkatkan metabolisme. Selain itu HIIT tak perlu peralatan khusus dan bisa dilakukan di mana saja. Demikian dikutip dari Shape.

2. Fitness boxing
Fitness boxingFitness boxing/ Foto: istock

Tinju bukan hanya olahraga yang hanya dilakukan di atas ring lagi. Boxing juga merupakan olahraga populer untuk tetap fit di kalangan orang dewasa. Fitness boxing telah mengadaptasi gerakan olahraga tinju ke dalam rutinitas olahraga biasa.

"Tinju semacam ini memiliki banyak manfaat kesehatan, karena terus-menerus mengharuskan Anda untuk berpikir, mengubah posisi Anda, dan mengubah postur tubuh Anda," kata terapis fisik Linda Arslanian, direktur layanan rehabilitasi di rumah sakit Brigham and Women's yang berafiliasi dengan Harvard University.

3. Megaformer pilates
Shandy AuliaShandy Aulia olahraga megaformer pilates/ Foto: dok. Instagram

Megaformer Pilates juga merupakan tren olahraga yang sedang berkembang. Selebriti seperti Meghan Markle, Khloé Kardashian, dan Chrissy Teigen, olahraga ini. Seperti apa olahraga ini? Jadi megaformer sendiri itu adalah alat yang ditemukan pada awal 2000-an, oleh seorang pakar kebugaran bernama Sebastien Lagree. Demikian dikutip dari Refinery29.

Megaformer ini membantu kita melakukan peregangan dan seperti di olahraga pilates. Bunda pernah lihat Shandy Aulia olahraga? Nah, kurang lebih alatnya seperti itu. Tujuan olahraga ini lebih untuk stretching atau peregangan.

Simak juga video tentang HIIT:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!