parenting

Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Kepribadian Anak

Melly Febrida Selasa, 26 Nov 2019 07:44 WIB
Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Kepribadian Anak
Jakarta - Kira-kira olahraga apakah yang anak Bunda senangi, yang individu atau tim? Pilihan olahraga ini bisa dilihat dari tipe anak lho.

Raksha Bharadia, dalam bukunya Roots & Wings 2 menuliskan apabila seorang anak menyukai olahraga individu, seperti karate, berenang, atletik, dan gimnastik, dia adalah tipe anak mandiri. Soalnya, anak lebih nyaman berolahraga tanpa melibatkan orang lain.

"Jika anak suka berada di tengah orang-orang, orang tua bisa mengarahkan dia untuk melakukan olahraga permainan tim seperti kriket, bola basket, atau sepakbola," kata wanita yang juga menulis buku Me: A Handbook for Life.


Anak yang suka olahraga tim biasanya punya tipe mau bekerja sama dan cenderung lebih senang bersosialisasi. Lalu, bagaimana dengan tempo permainannya? Bharadia menyarankan apabila anak lebih menyukai permainan tempo cepat, Bunda bisa memilihkan sepakbola, basket, atau atletik. Tapi, jika anak lebih suka kegiatan yang santai, ia bisa memilih lempar bola atau golf.

Meski olahraga banyak macamnya, menurut Bharadia semuanya sama-sama memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran untuk tubuh. Oh iya, ketika anak berolahraga, orang tua juga bisa ikutan. Bermainlah bersama anak sebagai partner. Olahraga mengasyikkan seperti berenang juga bisa menjadi olahraga keluarga.

"Anda tidak harus bermain dengan anak setiap hari, tapi saat cuti, usahakan melakukan kegiatan luar ruang bersamanya. Itu lebih baik daripada tidak sama sekali," kata Bharadia.

Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Kepribadian AnakJenis Olahraga yang Sesuai dengan Kepribadian Anak/ Foto: Thinkstock
Olahraga memang penting dilakukan anak-anak, Bun. Menurut CDC dan NHS, setidaknya tiga hari dalam seminggu anak-anak perlu melakukan latihan penguatan otot, seperti senam, memanjat, atau bermain di monkey bar. Kemudian. lakukan juga latihan untuk memperkuat tulang, seperti melompat, lompat tali, atau berlari, Bun. Yang penting diingat, anak-anak aktif adalah anak yang lebih sehat,

"Salah satu alasan paling penting anak-anak harus aktif adalah untuk kesehatan tulang mereka, seperti yang ditunjukkan pada usia remaja, 33-43 persen dari total massa tulang diperoleh," kata Craig Williams, profesor fisiologi pediatrik dan direktur Children's Health and Exercise Research Centre di the University of Exeter, Inggris, dikutip dari KMOV.

Bunda, cek juga tips olahraga dengan treadmill agar banyak bakar kalori di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi