moms-life

Tips Efisien Renovasi Rumah Minimalis agar Hemat Bujet

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 14 Jan 2020 10:47 WIB
Tips Efisien Renovasi Rumah Minimalis agar Hemat Bujet Ilustrasi renovasi rumah/ Foto: iStock
Jakarta - Beberapa pasangan suami istri biasanya ada yang berencana merenovasi rumah jadi lebih minimalis. Faktor utama yang penting untuk diperhitungkan adalah biaya. Tapi, selain itu ada tips yang bisa disimak agar proses renovasi rumah minimalis jadi lebih hemat budget.

Mengutip mabledodgeluhan, merenovasi rumah penting lho, Bun. Merenovasi rumah mendatangkan beberapa manfaat  untuk Bunda dan keluarga, seperti berikut ini.

1. Memperindah rumah
2. Membuat rumah lebih efisien dalam fungsinya
3. Menambah tingkat keamanan rumah
4. Menambah nilai rumah buat keluarga
5. Menambah kebahagiaan dan kenyamanan penghuni rumah.

Jika Bunda dan pasangan mau berencana merenovasi rumah jadi lebih minimalis, ada tips nih dari arsitek Mande Austriono. Kata Mande pastinya ketika merenovasi rumah semua orang berharap bisa memakai biaya hemat.


"Cuma, ada keinginan enggak terduga yang bikin di tengah jalan biaya membengkak. Gimana kalau nanti baiaya lebih rendah dari kenyataan, realnya itu enggak pernah terjadi. Makanya kita harus siapkan skenario terburuk, kurang," papar Mande mengutip CNBC Indonesia.

Ilustrasi dalam rumhIlustrasi dalam rumah/ Foto: Dok. Bored Panda, Rightmove.co.uk

Untuk memulai renovasi, Bunda dan Ayah sudah harus memulai dari barang yang dipilih. Kemudian, menghitung bujet, bahan-bahan dan waspadai keinginan membeli sesuatu yang enggak dibutuhkan.

Apalagi memutuskan merenovasi rumah jadi lebih minimalis, harus diikuti dengan pemilihan perabot yang sesuai. Hindari memilih barang-barang terlalu besar, yang membuat ruangan nampak penuh. Hal itu sekaligus dapat menghemat budget yang dipersiapkan Ayah dan Bunda.

"Kalau mau cari bahan pengganti dengan biaya lebih mudah bisa dilalukan. Diperhitungkan dipakai setahun dua tahun rusak mending ganti di awal," kata Mande.

Kemudian, budget perlu ditetapkan. Ini untuk menghindari membeli atau mengganti barang yang memang enggak dibutuhkan, Bun.


Kapan proses renovasi dimulai juga perlu dipertimbangkan. Musim atau cuaca juga perlu diperhatikan, Bunda. Kalau cuaca sering hujan, kata Mande baiknya tunda dulu rencana merenovasi rumah. Sebab, prinsipnya biaya biasa bengkak karena alam.

"Biayanya lebih banyak keluar di musim hujan. Biaya bengkak karena alam. Belum mulai udah bocor lagi. Tips renovasinya intinya perhatikan alokasi dana, kebutuhan apa plus kondisi dan situasi alam. Lalu, fluktuasi kenaikan harga 5 - 10 persen sesuatu yang pasti," papar Mande.

Simak juga tips membuat tirai dari bahan bekas, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi