sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Membakar Ikan Supaya Tidak Menempel di Panggangan

Siti Hafadzoh Senin, 27 Jan 2020 12:01 WIB
Ikan biasanya menempel di panggangan ketika dibakar. Sebenarnya ada lho tips mudah membakar ikan supaya tidak menempel. Lihat tips membakar ikan di sini, Bun. caption
Jakarta - Sudah punya rencana apa di akhir pekan ini? Olahan ikan dan ayam bakar menjadi menu andalan Bunda dan keluarga nih.

Ikan bakar sendiri merupakan menu makan yang spesial tapi mudah untuk dibuat. Ketika membakar ikan, mungkin Bunda menemukan kendala nih, misalnya ikan menempel di panggangan.


Sebenarnya, ada lho cara mudah membakar ikan supaya enggak menempel di panggangan. Dirangkum dari berbagai sumber, ini caranya, Bun.


1. Oleskan minyak

Oleskan atau semprotkan minyak sayur di panggangan. Lakukan ini sebelum panggangan dipanaskan.

2. Lumuri rempah

Lumuri ikan dengan campuran bumbu dan rempah-rempah. Tambahkan juga minyak supaya tidak lengket di panggangan.

5 Tips Membakar Ikan Supaya Tidak Menempel di PangganganIlustrasi ikan bakar/ Foto: iStock
3. Bersihkan panggangan

Panggangan yang tidak bersih sempurna akan menyebabkan ikan menempel. Sisa makanan yang gosong akan memperburuk rasa ikan.

Membersihkan panggangan bukan hal yang mudah tentunya. Cara membersihkannya yaitu dengan memanaskan sebentar panggangan, kemudian gosok dengan kawat pencuci piring.

4. Panaskan panggangan

Jangan bakar ikan di atas panggangan yang terlalu panas. Panggangan yang sangat panas akan membakar ikan dan tidak akan menempel.

5. Biarkan ikan hingga matang

Kalau ikan belum matang, jangan terlalu sering dibolak-balik, Bun. Ikan yang sudah matang sempurna biasanya tidak akan menempel di panggangan.

Bunda, simak tips membersihkan ikan supaya tidak bau amis di video ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi