sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Menggoreng Ikan yang Sepele tapi Penting Dicoba

Asri Ediyati Selasa, 10 Dec 2019 11:26 WIB
Mungkin terdengar mudah dilakukan, namun ternyata ada hal sepele yang bisa pengaruhi rasa ikan setelah digoreng. Simak tips berikut ini, Bunda. caption
Jakarta - Ikan bisa diolah ke hampir semua metode memasak. Bunda bisa memanggang, mengukus, menggoreng, merebus. Nah, kebanyakan orang Indonesia seringnya mengolah ikan dengan digoreng nih. Ya, apalagi alasannya kalau bukan yang paling gampang.

Nah, ternyata kita pun perlu berhati-hati dalam menggoreng ikan. Hal ini supaya tekstur daging ikan tetap baik dan enggak tawar, Bunda. Berikut tipsnya dikutip dari Recipe Tips.


Tips menggoreng ikan utuh:


1. Tempatkan ikan dalam minyak panas. Tempatkan hanya 2 atau 3 ikan dalam wajan sekaligus agar tidak terlalu makan tempat di pan dan mudah dibalikkan. Selain itu, menggoreng terlalu banyak pada satu waktu bisa mendinginkan minyak terlalu banyak. Akibatnya, ikan menyerap lebih banyak minyak.

2. Goreng ikan selama 5 hingga 8 menit di sisi pertama. Balikkan dan masak lagi 4 hingga 7 menit. Waktu memasak akan tergantung pada ketebalan ikan.

3. Setelah ikan matang, kulitnya harus kecokelatan dan garing. Saat memasukkan garpu ke tulang belakang, daging harus mudah mengelupas dan terpisah dari tulang.

4. Angkat dari wajan dan letakkan di atas tisu berlapis kertas agar lemak dapat mengering. Jika menggoreng lebih banyak ikan, letakkan ikan yang sudah dimasak dalam oven yang dipanaskan sebelumnya agar tetap hangat saat menggoreng ikan di kloter selanjutnya.

5. Tambahkan lebih banyak minyak jika memasak ikan tambahan. Biarkan minyak memanas dengan baik sebelum menggoreng lebih banyak ikan.
Ilustrasi menggoreng ikanIlustrasi menggoreng ikan/ Foto: iStock


Tips menggoreng fillet ikan


1. Tempatkan ikan dalam minyak panas. Tempatkan hanya beberapa potong ikan dalam wajan sekaligus. Sama seperti tadi, menggoreng terlalu banyak bisa mendinginkan minyak dan menyebabkan ikan menyerap lebih banyak minyak. Goreng ikan yang potongan ukurannya sama sehingga ikan matang secara merata.

2. Goreng fillet ikan selama 3 hingga 5 menit di sisi pertama. Balikkan dan masak lagi 2 hingga 5 menit. Waktu memasak akan tergantung pada ketebalan ikan.

3. Ketika ikan sudah selesai, lapisan remahnya harus kecoklatan dan garing. Saat memasukkan garpu ke dalam ikan, daging harus bertekstur flaky dan berubah warna. Dagingnya harus lembap tetapi tidak berair.

4. Angkat dari wajan dan letakkan di atas tisu berlapis kertas agar lemak dapat mengering.

5. Tambahkan lebih banyak minyak jika masak ikan dalam jumlah lebih dan biarkan minyak memanas dengan baik sebelum menggoreng lagi.


Simak juga tips bersihkan ikan agar tidak bau amis melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi