Sign Up search


moms-life

Medina Zein, Miliarder di Usia 27 Tahun Berkat Bisnis Skincare dan Kue

Asri Ediyati Selasa, 31 Dec 2019 20:15 WIB
Medina Zein, Miliarder di Usia 27 Tahun Berkat Bisnis Skincare dan Kue caption
Jakarta - Medina Zein kembali menjadi sorotan karena tersandung kasus narkoba. Medina Zein positif mengonsumsi amfetamin, obat golongan stimulansia. Bagi Bunda yang belum pernah tahu dengan sosok Medina Zein, ia adalah pebisnis sukses yang membuka usaha di bidang kecantikan.

Klinik kecantikannya yang bernama MD Clinic sudah memiliki beberapa cabang di Indonesia. Omzet bisnisnya sudah mencapai miliaran rupiah. Namun, jauh sebelum sukses, Medina Zein merintis bisnis ini dengan jatuh bangun.


Ya, Medina Zein sendiri merupakan calon bidan lulusan Akademi Kebidanan Stikes Budi Luhur, Bandung. Medina sendiri sebenarnya sudah memiliki jiwa pengusaha sejak kuliah. Meski sibuk, Medina sudah suka jualan online dan menjadi reseller untuk mengumpulkan modal.


Selesai kuliah, Medina merasa dunia kebidanan bukan lah passion-nya. Ia akhirnya memutuskan melanjutkan sekolah estetika medik. Dari situ ternyata Medina menemukan zona nyamannya.

"Singkat cerita lulus sekolah estetika medik aku berjualan produk skincare sendiri namanya Beauty Lady Care berubah jadi Lazeta. Terus aku mulai membangun klinik kecil yang awalnya hanya untuk tempat facial dan peeling di 2012 bekerjasama dengan satu dokter dan dua terapis agar skincare-ku semakin terpercaya," kata Medina Zein dilansir CNBC Indonesia.

Kliniknya itu ia namakan MD Clinic. Ia bekerjasama dengan teman dengan sistem bagi hasil karena temannya itu punya tempat sedangkan ia punya alat-alatnya. Kliniknya ternyata berkembang dan tahun selanjutnya, Medina bisa punya klinik dengan tempatnya sendiri.

Modal yang dipakai Medina untuk merintis usaha adalah hasil dari jualan online dan jadi reseller. Ia beli alat Rp30 juta, Bunda. "Alatnya juga masih yang murah. Akhirnya bisa berkembang dan jalan sendiri," kenang Medina.

Untuk mempromosikannya, Medina sempat merasa kesulitan. Kliniknya sempat sepi seminggu enggak ada pasien. Akhirnya ia mencoba untuk bayar selebgram dan hasilnya berpengaruh.
Medina ZeinMedina Zein/ Foto: Dok. Instagram/medinazein
Omzet awalnya pun lumayan, ia dapat Rp20 juta. Dari situ Medina bisa nabung Rp6 juta. Bulan berikutnya naik lagi jadi Rp 30 juta hingga akhirnya setiap tahun ia bisa bangun cabang baru.

"Awalnya karyawan cuma tiga sekarang lebih dari 200. Sekarang cabang kliniknya ada lima, 3 Bandung, 1 Makassar, dan 1 baru buka di Jakarta. Aku sekarang tambah kosmetik. Aku juga ekspansi bisnis ke fashion (MZ Boutique) dan travel (MZ Tour)," kata Medina.

Medina Zein juga melebarkan sayap bisnisnya ke bidang kuliner. Ia bersama Irwansyah membuka Bandung Makuta. Kue kekinian milik selebritas.

Namun, cerita bisnis Medina Zein tak semulus yang kita kira. Ia sempat berseteru dengan Irwansyah karena tuduhan penggelapan uang. Kemudian, bisnis travelnya juga sempat ditipu. Medina Zein mengaku rugi Rp10 miliar, ia telah dibohongi oleh karyawan kepercayaan yang mengurus segala operasional di usaha travelnya, MZ Tour.


Medina Zein sendiri tak menyangka kalau karyawan yang menjadi direktur dari MZ Tour telah menggelapkan uang jamaah mulai dari Desember 2017 sampai Februari 2018.

"Desember sampai Februari ada beberapa ratus tiket. Kerugian materi sampai Rp 0 miliar, kemungkinan bisa naik lagi. Lima tahun aku bisnis kayak dihancurin seketika. Tapi biar bagaimanapun aku tetap memberangkatkan jemaah," ujar Medina Zein.

Simak juga video tentang hal yang dihindari pasca facial:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi