sign up SIGN UP search


moms-life

10 Tren Dekorasi Rumah Tahun 2020, dari Warna Hingga Konsep Ruangan

Annisa Karnesyia Kamis, 16 Jan 2020 10:23 WIB
Sebelum mendekorasi ruangan dalam rumah, sebaiknya perhatikan dulu tren-nya. Berikut inspirasi dekorasi rumah yang diprediksi akan populer di Tahun 2020. caption
Jakarta - Sedang mencari inspirasi desain rumah, Bunda? Di tahun 2020, beberapa desainer interior mulai memprediksi dekorasi yang bakal tren di tahun shio Tikus ini.

Tahun 2019, desain dan dekorasi rumah berkonsep minimalis menjadi yang paling favorit. Lalu bagaimana tren dekorasi rumah di tahun 2020? Melansir dari beberapa sumber, berikut penjelasannya:


1. Gaya grandmillennial


Desainer interior Ariel Okin mengatakan jika di tahun 2020 gaya grandmillennial mulai viral. Mengunggulkan konsep kontemporer, dekorasinya seperti seni modern dan furnitur berlapis yang bersih.

"Tampilannya adalah desain tradisional dengan sentuhan elemen campuran klasik seperti chinoiserie, karpet serat alami, seni menghias pohon (topiaries), dan banyak lagi," kata Okin, dilansir Elle Decor.

2. Warna monokromatik yang mencolok

"Monokromatik tidak harus pucat. Warna seperti Cobalt Blue, Kelly Green, atau Aubergine dapat meninggalkan kesan monokromatik yang berani, penuh kepribadian, dan anggun," kata Jonathan Rachman dari Decorist.

3. Warna pintu yang gelap

Menurut Courtney Hill Fertitta dari Courtney Hill Interiors, mewarnai pintu dengan warna yang beragam bisa menambah rasa hangat dan karakter pada ruang. Bahan pintu yang keras bisa dicat hitam untuk memberikan elemen artistik untuk ruangan.

"Kepribadian yang diwakili warna bisa mengisahkan orang-orang yang berjalan melewati pintu," ujar Fertitta.

Ilustrasi pintu rumahIlustrasi pintu rumah/ Foto: iStock

4. Nuansa bumi

Nuansa bumi seperti warna cokelat, hijau zaitun, dan warna kuning tua mulai mengambil alih dekorasi rumah di tahun 2020.

5. Hiasan di jendela

Nuansa tahun 80-an akan kembali di tahun 2020. Salah satunya hiasan di jendela seperti tirai mewah, Bunda.

"Ini terlihat bagus dalam warna netral untuk memberi kesan yang menarik dengan potongan yang bersih," papar desainer interior Jared Hughes, mengutip House Beautiful.

6. Warna saffron (kuning jingga)

Warna saffron terlihat indah jika dikombinasikan dengan versi yang lebih terang atrau gelap. Misalnya warna hijau telur bebek atau hijau gelap yang kuat. Bunda bisa mengecat seluruh ruangan atau menggunakannya untuk membuat warna-warna kecil yang mencolok.

7. Aksen kayu

Kamar mandi bukan satu-satunya ruangan yang bisa didesain dengan aksen kayu, Bun. Cobalah buat dekorasi dapur dengan aksen kayu agar terlihat seperti rumah klasik.

Ilustrasi dekorasi dapurIlustrasi dekorasi dapur/ Foto: iStock

8. Ruang makan yang formal

Tahun 2020 ruang makan formal akan menjadi tren. Dekorasi dengan warna-warna yang berani dengan hiasan lampu yang menarik mungkin akan digunakan untuk hiasan ruang makan.

9. Warna soft untuk dapur

Selain aksen kayu, warna dapur putih masih digemari di tahun 2020. Menurut situs Houzz, lemari putih di dapur masih populer di kalangan desainer interior.

Meski begitu, Houzz menunjuk warna-warna lembut (soft), seperti abu-abu terang dan biru sebagai pengganti warna putih di dapur. Sebagai dekorasi tambahan, bahan kayu bisa digunakan untuk meja dan laci.


10. Dekorasi klasik

Dekorasi klasik kembali menjadi tren di tahun 2020. Rayman Boozer dari Apartment 48 mengatakan jika desain potret dan yang berbau Yunani bisa menyempurnakan desain klasik.

"Satukan elemen-elemen ini tanpa memandangnya secara serius, kesenangan dalam mendekorasi bisa menjadi sentuhan akhir yang sempurna," jelas Boozer.

Simak juga tips membuat tirai dari bahan bekas di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi