moms-life

Cara Ampuh Mengusir Ulat Bulu di Rumah

Asri Ediyati Selasa, 14 Jan 2020 17:50 WIB
Cara Ampuh Mengusir Ulat Bulu di Rumah
Jakarta - Musim hujan tiba, beberapa rumah terinvasi ulat bulu. Tentu kedatangan ulat bulu ini cukup merugikan. Selain membuat tanaman hias rusak, kita yang kena bulunya juga bakal mengalami gatal-gatal.

Nah, ternyata ada beberapa cara nih yang bisa Bunda lakukan untuk mengusir ulat bulu. Berikut caranya dilansir berbagai sumber.


1. Gunakan sapu


Bagi Bunda yang merasa enggak tega membunuh ulat bulu. Bisa gunakan sapu untuk menyapu ulat bulu dari dinding luar dan eksterior rumah sekali sehari. Ini juga untuk mencegah mereka meninggalkan jejak lendir yang bisa menodai rumah.

Jangan lupa gunakan sapu dengan ijuk yang kaku untuk menyapunya. Untuk ulat bulu di luar rumah, Bunda bisa menyemprotnya dengan air dari selang juga bisa. Demikian dikutip dari Hunker.

2. Periksa furnitur dan tanaman hias

Keluarkan ulat bulu dari furnitur dan ruang lainnya. Periksa juga tanaman hias untuk ulat dan lepaskan ulat dari tanaman. Kembalikan ulat di luar atau buang.
ilustrasi ulat buluilustrasi ulat bulu/ Foto: iStock

3. Pakai insektisida kimia

Oleskan insektisida untuk mengusir ulat di sekitar fondasi rumah. Ikuti instruksi cara penggunaan produk dengan seksama. Untuk kontrol ulat bulu di dalam rumah, semprot tanaman dengan insektisida atau dengan bubuk insektisida.

4. Pakai insektisida alami

Bunda bisa pakai insektisida alami dari bahan-bahan yang tersedia di dapur. Bunda bisa gunakan campuran bubuk cabai dengan bawang putih. Caranya campurkan 1 sdm bubuk cabai, 1 siung bawang putih, 1 sdt sabun cair, dan air. Setelah dicampur diamkan 24 jam, baru lah disemprot ke ulat bulu.

Bunda juga bisa pakai cuka sebagai insektisida, 2 sdm cuka campurkan ke 4 liter air. Kemudian semprotkan ke tanaman hias. Cuka tanpa campuran air juga bisa mematikan langsung ulat bulu.


5. Buat rumah burung di luar

Terakhir, yang paling alami adalah memanfaatkan burung. Bunda bisa membuat rumah burung, sehingga burung liar bisa membuat sarang dan memburu ulat bulu di taman sebagai bahan pakannya.

Simak juga tips usir nyamuk dari rumah melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi