moms-life

Cara Bersihkan Kasur yang Tepat agar Tak Jadi Sarang Tungau & Debu

Melly Febrida Rabu, 09 Oct 2019 09:43 WIB
Cara Bersihkan Kasur yang Tepat agar Tak Jadi Sarang Tungau & Debu
Jakarta - Sepertiga hidup kita habiskan di atas kasur. Ini artinya dalam delapan jam kita kontak dengan partikel jahat, termasuk tungau debu penyebab alergi, spora jamur, sel-sel kulit manusia dan bakteri. Bagaimana kalau dalam 365 hari atau setahun? Makanya cara bersihkan kasur harus tepat nih, Bun.

Belum lagi dengan tumpahan makanan dan minuman. Kemudian, sekitar 100 liter keringat yang diproduksi tubuh manusia saat tidur dalam setahun. Duh, Bunda mesti tahu nih cara bersihkan kasur spring bed atau busa yang terkena noda makanan minuman.

"Rata-rata menumpuk sekitar 18 kg debu setiap tahun," kata Philip Tierno, ahli mikrobiologi dan m patologi di Fakultas Kedokteran Universitas New York, kepada Tech Insider dikutip Stuff.


Lantas bagaimana menjaga kebersihan kasur? Rob Siebers dari Wellington Asthma Research Group mengatakan untuk mengurangi alergen dan bakteri serta jamur, cukup sedot kasir dengan vacuum cleaner tiap hari. Tapi, jika tak ada anggota keluarga yang alergi, tak perlu terlalu sering mem-vacuum kasur.

"Lakukan setahun sekali untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Jaga juga kebersihan tempat tidur dengan rutin mencuci seprai dan sarung bantal guling. Baiknya pakai air hangat, di atas 65 derajat Celcius supaya tungau juga mati," papar Siebers.

Membersihkan kasur atau matras tidur memang bukan pekerjaan rumah tangga yang mudah. Bunda perlu memindahkannya ke ruangan lain untuk disikat atau dicuci, belum lagi mengangkut ke luar untuk dijemur.

Cara bersihkan kasur busa misalnya, dengan metode konvensional pun bisa saja tidak maksimal. Sebab, ketika matahari enggak terik, kasur tak terlalu kering dan jadi lembap serta mengundang lebih banyak kuman.

Tapi tak perlu khawatir, ada cara praktis untuk membuat kasur atau matras tidur beraroma lebih segar. Pakar kebersihan rumah Pippa Ashman menyarankan cara membersihkan kasur spring bed dengan baking soda, demikian mengutip detikcom.

ilustrasi bersihkan kasurilustrasi bersihkan kasur/ Foto: iStock
Taburkan baking soda ke seluruh permukaan matras dan diamkan selama lebih kurang delapan jam. Setelah itu sedot serpihan baking soda dengan vacuum cleaner, dan, voila! Kasur pun tidak bau apek lagi.

Simak juga bahaya memakai lipstik bergantian di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi