sign up SIGN UP search


moms-life

Respons Tepat Saat Saudara atau Teman Pinjam Uang?

Ajeng Sabtu, 25 Jan 2020 15:45 WIB
Jangan sampai rasa segan dan tidak enak hati membuat keuangan keluarga terganggu ya, Bun. Sebaiknya bagaimana ya kalau ada saudara yang ingin pinjam uang? caption
Jakarta - Saat ada saudara atau teman yang hendak meminjam uang Bunda, jangan terburu-buru mengiyakan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keuangan keluarga tidak kena imbas, Bun.

Salah satunya adalah pertimbangkan nominal uang yang akan dipinjam. Akan jauh lebih baik jika Bunda meminjamkan sesuai kemampuan. Hindari memaksakan diri meminjamkan uang dengan nominal terlalu besar, apalagi sampai mengganggu anggaran rumah tangga. Singkirkan dulu rasa segan atau tidak enak hati demi keutuhan finansial, ya.


Selain itu, jangan lupa tanyakan secara detail untuk apa uang tersebut akan digunakan. Ini penting agar Bunda juga bisa mempertimbangkan apakah pinjaman tersebut benar-benar layak diberikan.


Ilustrasi pinjam uangIlustrasi pinjam uang/ Foto: Muhammad Ridho
Menurut analis keuangan Jacqueline Curtis, penting juga untuk menyampaikan juga niat meminjamkan uang dengan pasangan. Kepada saudara atau teman, diskusikan secara jelas nominal yang hendak dipinjamkan dan jadwal pembayarannya. Pernyataan yang terbuka dan jelas akan mengurangi kemungkinan miskomunikasi di kemudian hari.

"Jika memang benar-benar harus meminjamkan uang kepada orang tersayang, pastikan tetap memikirkan kondisi diri sendiri. Terlalu memaafkan atau mempercayai terlihat lebih baik, tetapi itu juga bisa membuat seseorang jadi mudah dimanfaatkan," tutur Curtis, dikutip dari Money Crasher.



Hal serupa juga disampaikan oleh analis industri Ted Rossman. Dilansir NBC News, Rossman menjelaskan, Bunda sebaiknya tidak meminjamkan uang pada orang terdekat jika justru mengganggu finansial keluarga.

"Masalah uang dengan orang terdekat seringkali juga bisa merusak hubungan kekeluargaan. Jadi pertimbangkan sebelum membuat keputusan," pesan Rossman.

Simak juga kesibukan terbaru suami Nuri 'Shaden', Hikmal Abrar, di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi