sign up SIGN UP search


moms-life

6 Cara Aman Mencukur Bulu Ketiak agar Tidak Iritasi

Yuni Ayu Amida Rabu, 12 Feb 2020 09:37 WIB
Berikut ini langkah-langkah yang tepat ketika Bunda ingin mencukur bulu ketiak. Selain enggak boleh asal-asalan, ada waktu dan juga teknik mencukurnya lho. caption
Jakarta - Bulu ketiak yang tumbuh memanjang tak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga kenyamanan. Itulah alasan kenapa Bunda sering mencukur bulu ketiak.

Menurut dermatologis, dr.Ava Shamban, menentukan kapan mencukur bulu ketiak sama pentingnya dengan cara mencukurnya. Nah, waktu yang tepat untuk mencukur adalah malam hari.


"Pastikan untuk mencukur malam, agar kulit Anda bisa diperbaiki, pulih, dan sembuh dari luka akibat goresan pisau cukur apa pun," kata Shamban, dilansir Birch Box.


Berikut ini lebih lengkapnya, langkah-langkah yang tepat yang bisa Bunda lakukan ketika akan mencukur bulu ketiak, dikutip dari Beautynesia.

1. Mencukur pada malam hari

Ternyata, waktu terbaik untuk mencukur bulu ketiak yang disarankan para pakar dermatologi adalah malam hari lho, Bunda. Alasannya, waktu terbaik untuk menghidrasi dan meregenerasi kulit adalah pada malam hari.

Tak hanya itu, mencukur bulu ketiak dalam keadaan tergesa-gesa atau buru-buru juga tidak baik, karena bisa menyebabkan luka akibat gesekan kulit dengan alat pencukur yang tajam. Kulit juga jadi gatal dan munculnya keringat berlebih.

Nah, mencukur pada malam hari bisa mengurangi hal-hal demikian, termasuk kulit bisa mengalami penyembuhan akibat luka dengan baik ketika mencukur pada malam hari.

2. Pilih alat cukur yang baik

6 Cara Tepat Mencukur Bulu Ketiak agar Tidak Iritasi6 Cara Tepat Mencukur Bulu Ketiak agar Tidak Iritasi/ Foto: iStock


Saat ini sudah banyak pilihan alat pencukur yang bagus untuk bulu ketiak, Bunda. Meski begitu, pilihlah alat cukur dengan pisau yang tajam dan menyediakan gel. Kalau pun ingin beli pencukur elektrik, bisa jadi ide yang baik juga.

3. Lakukan eksfoliasi

Sebelum mencukur, sebaiknya Bunda melakukan eksfoliasi dulu. Tujuannya untuk mencegah bakteri, debu, maupun keringat menempel pada kulit ketiak. Untuk melakukan eksfoliasi, bisa dengan bahan-bahan alami juga lho. Dan pastikan secara lembut dan perlahan supaya kulit tidak iritasi.

4. Gunakan shaving cream

Sebelum mencukur Bunda juga bisa mengoleskan shaving cream ke area ketiak. Ini tujuannya untuk melindungi kulit ketiak agar tidak sensitif, kering dan lembap saat mencukur. Sehingga iritasi pada kulit dapat dicegah dengan baik.

5. Cukur dari atas ke bawah

Mencukur bulu ketiak pun ada tekniknya, Bunda. Jangan mencukur bulu ketiak dengan asal-asalan, karena bisa saja bulu-bulu tersebut tidak tercukur secara merata.

Sebenarnya bulu ketiak juga bisa tumbuh dari berbagai arah. Nah, mencukur bulu ketiak dengan gerakan dari atas ke bawah bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit ketiak.

6. Gunakan deodoran

Untuk tetap menjaga kelembapan kulit ketiak setelah mencukur bulu, Bunda bisa gunakan deodoran. Deodoran juga mampu mencegah bau badan yang muncul akibat keringat berlebih karena aktivitas mencukur bulu ketiak.

Setelah mencukur, disarankan juga untuk memilih pakaian yang longgar dan tidak ketat, untuk mencegah terjadinya iritasi dan muncul kemerahan akibat kulit sensitif.


Simak juga tips atasi ketiak gatal dan hitam dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi