sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Aman Mencukur Bulu Ketiak Menurut Saran Dokter

Arina Rabu, 08 Apr 2020 09:30 WIB
Mencukur bulu ketiak jika tidak hati-hati bisa menyebabkan iritasi. Nah, agar hal itu tak terjadi simak yuk cara dokter berikut ini. caption
Jakarta - Bunda tidak bisa waxing bulu ketiak ke salon selama masa pandemi corona? Wah, bisa menyebabkan ketidaknyamanan kalau bulu ketiak dibiarkan panjang.

Melansir dari Healthline, bulu ketiak yang dibiarkan tumbuh membuat area di sudut lengan bawah jadi lebih mudah lembab. Sehingga membuat keringat jadi terlihat lebih banyak, Bun. Alhasil bisa menyebabkan bau kurang sedap pada baju yang dikenakan.


Membersihkan bulu ketiak menggunakan pisau cukur menjadi solusinya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak membuat rambut ketiak tumbuh berantakan, hingga sebabkan kulit iritasi.


Dilansir dari Times of India, Dr Mohan Thomas, seorang dokter bedah plastik asal India memberikan beberapa saran agar Bunda mencukur bulu ketiak dengan cara yang tepat terutama bila menggunakan pisau cukur. Ini dia lima saran dokter sebelum mencukur bulu ketiak sendiri di rumah:

1. Hindari Pisau Cukur Multi-Blade

Beberapa orang menyarankan menggunakan pisau cukur multi-glade agar lebih mudah dalam mencukur bulu ketiak. Ternyata dokter Mohan menyarankan untuk menghindari pisau cukur tersebut.

Pisau cukur multi-blade akan menarik dan mencukur bulu yang paling ujung dekat kulit. Itu bisa menyebabkan bulu tertarik ke bawah kulit sehingga rambut tumbuh ke dalam. 

5 Tips Aman Mencukur Bulu Ketiak Menurut Saran DokterTips aman mencukur bulu ketiak/ Foto: iStock

2. Hindari Pisau Cukur yang Tumpul

Bunda bisa memilih pisau cukur listrik dan hindari menggunakan yang tumpul. Jika Bunda merasa pisau cukur menarik rambut dan tumpul, lebih baik diganti daripada tak bersih maksimal.

3. Ketiak Harus Basah

Jangan bercukur dalam keadaan kulit kering, Bun. Itu bisa melukai kulit Bunda. Basahi ketiak dan rendam dalam air hangat selama kurang lebih dua sampai tiga menit sebelum mencukur.

Gunakan gel khusus mencukur, itu bisa mempermudah pekerjaanmu, Bun. Selain itu, gel juga membantu mencegah iritasi pada kulit.

4. Cukur Mengikuti Arah Rambut

Bunda harus mencukur mengikuti arah tumbuh rambut. Jika rambut ketiak tumbuh ke arah berbeda maka ikuti alurnya, Bun. Saat mencukur, kulit harus diregangkan.


5. Hindari Menggunakan Produk Beralkohol

Hindari menggunakan produk berbasis alkohol setelah mencukur rambut ketiak. Untuk tetap lembap, Bunda bisa memilih krim atau minyak alami.

Bunda, bisa juga melihat tips mengatasi ketiak gatal dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi