sign up SIGN UP search


moms-life

7 Manfaat Tanaman Porang yang Bikin Pemulung di Madiun Jadi Miliarder

Yuni Ayu Amida Rabu, 05 Feb 2020 15:27 WIB
Seorang mantan pemulung asal Madiun bernama Paidi berubah jadi miliarder, setelah membudidayakan tanaman porang. Lalu apa manfaat tanaman porang sebenarnya? caption
Jakarta -

Seorang mantan pemulung yang tinggal di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, tengah jadi perbincangan. Pasalnya, pria bernama Paidi ini sukses jadi miliarder setelah membudayakan tanaman porang.

Dulunya, hidup Paidi serba kekurangan, Bunda. Ia bekerja serabutan, bahkan pernah menjalani profesi pemulung.


"Dulu, saya tanam porang sejak 2010 dan sebelumnya, saya kerja serabutan. Jadi, saya kerja apa saja saya jalani, mulai jual tahu, jual ayam, jual buah sampai bangkrut semua. Sampai akhirnya jadi pemulung," ujar Paidi, dilansir detikcom.

Kemudian, seorang teman mengenalkan Paidi dengan tanaman porang. Paidi pun mulai mencari tahu soal porang dan memutuskan menjalani bisnis porang.

Awalnya, Paidi mencari umbi porang di hutan selama dua bulan dan mengumpulkan dua ton. Kemudian, dia menjualnya dengan harga Rp3 juta. Dalam tiga tahun terakhir, Paidi bahkan sudah berhasil mengekspor porang yang dia tanam.

7 Manfaat Tanaman Porang yang Bikin Pemulung di Madiun Jadi Miliarder7 Manfaat Tanaman Porang yang Bikin Pemulung di Madiun Jadi Miliarder/ Foto: Sugeng Harianto



Saat ini, Paidi sukses menjadi pengepul porang dan mendirikan sebuah perusahaan bernama PT Paidi Indo Porang, dengan 66 karyawan. Selain itu, Paidi juga memiliki lahan porang sendiri seluas 10 hektare di kampungnya.

"Alhamdulillah saat ini petani binaan saya sudah ada lebih dari seribu. Yang ikut mengembangkan tanaman porang saya," ujar pria 37 tahun ini.

Lalu, apa sih manfaat tanaman porang?

Melansir dari CNN Indonesia, porang merupakan tanaman penghasil umbi yang bisa dimakan. Karena masih serumpun, penampilan serta manfaatnya mirip dengan tanaman suweg dan walur. Yang membedakannya adalah adanya tonjolan coklat kehitaman pada pertemuan cabang dan daun pada porang, sedangkan pada suweg tidak.

Tonjolan ini merupakan perkembangbiakan vegetatif porang. Sementara itu, berat umbi porang bisa mencapai 5 kilogram dan umumnya berwarna kuning cerah, sedangkan suweg berwarna putih. Porang mengandung beragam manfaat untuk kesehatan dan juga industri kecantikan. Porang juga masuk dalam jenis tanaman obat.

Bunda simak yuk, berikut ini beberapa manfaat tanaman porang:

1. Porang rendah kalori, yakni setiap 100 gram porang hanya mengandung tiga kalori. Ini artinya, porang baik untuk orang-orang yang sedang menjalankan program diet.

2. Porang mengandung glukomanan yang merupakan nutrisi penting untuk tubuh. Glukomanan ini bisa mengurangi kolestrol serta memberi rasa kenyang lebih lama di perut.

3. Aman dikonsumsi penderita diabetes karena kadar indeks glikemik pada tepung porang rendah.

4. Rasa tepung porang netral, ini membuatnya mudah dipadukan dengan bahan makanan lain. Tepung porang juga digunakan untuk pengganti terigu dan bahan baku roti di Filipina.

5. Di Jepang, porang dimanfaatkan untuk campuran makanan mi shirataki dan konnyaku.

6. Porang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit, seperti kanker usus besar, penyakit kardiovaskular, dan kencing manis.

7. Di industri obat-obatan, glukomanan pada porang dimanfaatkan untuk pembentuk kapsul pada obat.



Simak juga cara praktik tanaman hidroponik bareng anak dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!