sign up SIGN UP search


moms-life

Inspirasi Model Kebaya Brokat Muslim, Mana Favorit Bunda?

Asri Ediyati Rabu, 12 Feb 2020 13:15 WIB
Kebaya brokat hingga kini masih diminati oleh para wanita Indonesia untuk dipakai ke acara resmi. Intip inspirasi model kebaya brokat muslim berikut yuk, Bunda. caption
Jakarta - Kain brokat merupakan kain tenun dengan pola yang rumit. Seringkali polanya adalah bunga, tanaman, dan gambar alami lainnya. Biasanya tenunan menggunakan pilihan berbagai jenis sutra yang beraksen dengan benang logam. Demikian dikutip dari Sewing Ideas.

Kain brokat pun memiliki sejarah tersendiri. Jadi, industri tenun tekstil brokat mencapai puncaknya selama periode Mughal. Pola dan motif Persia menonjol pada periode ini karena pengaruh pengrajin Persia di istana kaisar Akbar. Kain brokat juga telah dibicarakan dalam literatur Veda.


"Seni brokat menyebar melalui Gujarat dan daerah sekitarnya dari Benaras yang memiliki sejarah penenun Muslim yang kaya. Brokat banarasi terdiri dari pola emas yang dikenal sebagai 'Kalabattu'. Benang emas ini telah menjadi ciri khas bagi Kain Brokat India," tulis Utsavpedia.


Kini, kain brokat pun bermacam-macam bentuknya. Beberapa menggunakannya untuk cape baju, kemudian ada pula yang menggunakannya untuk membuat gaun panjang. Beberapa model kebaya brokat muslim berikut bisa dijadikan inspirasi.

Gaun kebaya brokat
Dian Pelangi pakai gaun kebaya brokatDian Pelangi pakai gaun kebaya brokat/ Foto: Instagram
Bunda bisa gunakan kain brokat untuk menjadi gaun panjang. Pilih warna yang sesuai dengan undertone kulit Bunda sehingga enak dilihat.

Cape kebaya brokat
Inspirasi Model Kebaya Brokat Muslim, Mana Favorit Bunda?Citra Kirana pakai cape kebaya brokat/ Foto: Instagram

Bunda bisa memadukan model kebaya brokat berupa cape dengan gaun yang kain yang lemas dan jatuh. Perpaduan ini membuat gaun Bunda terlihat elegan, sama seperti yang dikenakan oleh artis Citra Kirana ini.

Loose kebaya brokat
Mega Iskanti pakai loose kebaya brokatMega Iskanti pakai loose kebaya brokat/ Foto: Instagram
Loose tunik kebaya brokat juga bisa Bunda jadikan inspirasi. Padukan dengan celana bahan, kain batik lilit, bisa juga rok tulle.

Peplum kebaya brokat
Dian Pelangi pakai peplum kebaya brokatDian Pelangi pakai peplum kebaya brokat/ Foto: Instagram
Jika Bunda menyukai model baju peplum, enggak ada salahnya nih mencoba kebaya brokat model ini. Ada yang simetri peplum dan ada pula yang asimetri. Semuanya tergantung selera.

Kebaya brokat
Amelia Elle pakai kebaya brokatAmelia Elle pakai kebaya brokat/ Foto: Instagram
Ini model kebaya brokat yang paling umum digunakan untuk acara resmi. Bentuknya menyesuaikan lekukan tubuh dan dipadukan dengan kain batik.


Simak video tentang baju hamil yang kece agar Bunda tetap stylish:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi