sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Mendesain Rumah Minimalis Sederhana yang Cozy

Annisa Karnesyia Selasa, 18 Feb 2020 13:44 WIB
Menciptakan ruangan cozy dalam rumah minimalis bukan cuma bikin kita nyaman, tapi juga membuat semua barang menjadi fungsional, Bunda. caption
Jakarta - Menciptakan ruang yang 'cozy' atau nyaman di dalam rumah menjadi dambaan setiap orang. Gaya 'cozy' kerap dikaitkan dengan konsep rumah minimalis, Bun.

Mengutip Freshome, rumah minimalis dengan gaya ini memanfaatkan bagian terbaik dari fungsi suatu desain dan menggabungkannya untuk membuat interior terasa nyaman. Saat membangun tampilan minimalis yang nyaman, kuncinya adalah membuat semua menjadi fungsional.


Lakukanlah dengan membangun ruangan di sekitar furnitur. Jika Bunda mendesain kamar tidur, biarkan tempat tidur menjadi titik fokus tanpa banyak hal yang mengganggu mata.


Sedangkan untuk ruang tamu, fokuslah desain pada satu area tempat duduk utama. Kuncinya adalah membiarkan elemen desain yang lain, misalnya furnitur, memainkan peran pendukung yang tidak mencuri perhatian.

Untuk memilih furnitur yang sesuai, kita sebaiknya tetap fokus pada gaya minimalis. Fokusnya dengan memilih potongan yang lebih ramping, tanpa terlalu banyak beban visual.

Menurut penulis buku Cozy Minimalist Home: More Style, Less Stuff, Myquillyn Smith, menciptakan rumah minimalis yang nyaman artinya kita sudah siap mengosongkan ruangan. Kalau ruangan kosong secara visual akan terlihat tenang, sedangkan ruangan penuh secara visual tampak ramai.

Ilustrasi ruang tamu di rumah minimalisIlustrasi ruang keluarga di rumah minimalis/ Foto: iStock

"Kamar perlahan-lahan semakin terlihat ramai saat menambahkan furnitur, aksesori, dan barang-barang. Semakin banyak barang yang di dalam ruangan, semakin banyak suara dihasilkan dan semakin terlihat ramai," kata Smith, dilansir Motherly.

Menghapus suara sebanyak mungkin dari ruangan dapat membuat kita tenang dan nyaman. Lalu bagaimana untuk mulai mendesain rumah minimalis sederhana yang cozy?

Smith mengatakan, pertama tentu kita harus mengosongkan ruangan. Pekerjaan ini mungkin menyenangkan tapi juga bikin tak nyaman. Kita sebaiknya punya niat, rasa percaya diri, dan tak banyak menggerutu.

"Semakin kita menggerutu dan mulai bertanya-tanya apakah mengeliminasi barang menjadi trik jahat, kemungkinan ada banyak barang yang sebenarnya tidak kita gunakan," ujar Smith.


Untuk menciptakan ruangan yang nyaman di rumah minimalis, kita perlu tempat untuk menampung barang sementara kita mendesain ruangan. Kita bisa meletakkan barang-barang di beranda atau ruang bawah tanah sebelum memilah untuk diletakkan kembali ke dalam rumah.

Memindahkan barang-barang akan membuat rumah berantakan, tapi hasil akhirnya akan berguna untuk kenyamanan kita, Bun. Pada akhirnya, kita akan tahu bahwa mendesain ruangan yang nyaman dengan dengan benar, jika satu-satunya yang tersisa di ruang keluarga adalah sofa, satu atau dua kursi, meja kopi, dan televisi.

Bunda, simak juga ide dekorasi kamar tidur rumah minimalis modern, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi