sign up SIGN UP search


moms-life

Perbedaan Model Hijab dari 5 Negara, Indonesia Paling Unik

Arina Kamis, 20 Feb 2020 14:02 WIB
Gaya hijab Turki dan Malaysia menonjolkan style yang sederhana. Berbeda dengan gaya hijab muslimah Indonesia yang jauh lebih unik. Setuju eggak nih, Bun? caption
Jakarta - Mungkin Bunda biasa melihat muslimah Indonesia dengan berbagai model hijab yang bervariasi. Namun ketika berpergian ke negara lain seperti Malaysia hingga Inggris, tampilan hijabnya akan tampak berciri khas.

Berikut perbedaan model hijab dari lima negara berbeda. Indonesia menjadi negara dengan gaya hijab paling unik dan variatif, Bun.

1. Indonesia


Perbedaan Model Hijab dari 5 Negara, Indonesia Paling UnikModel hijab muslimah Indonesia/ Foto: instagram @dianpelangi

Indonesia memang dikenal dengan model hijab yang bervariasi mulai dari unik, heboh, bertumpuk, simpel, hingga syar'i menggunakan berbagai jenis jilbab. Tak ada ciri khas khusus untuk Indonesia yang mayoritasnya muslim.

Model hijab dengan corak atau modifikasi detail modern lebih disukai muslimah Indonesia karena membuat penampilan terlihat lebih stylish dan percaya diri. Keragaman model hijab muslimah Indonesia membuat perkembangan busana muslim di Tanah Air terus meningkat pesat.

2. Malaysia

Perbedaan Model Hijab dari 5 Negara, Indonesia Paling UnikModel hijab muslimah Malaysia/ Foto: Instagram @sariyanti

Berbeda dengan Indonesia, model hijab muslimah Malaysia tidak bermacam-macam tapi lebih simpel dan umumnya menutup dada. Pashmina atau scarf panjang seolah menjadi model hijab andalan hampir semua muslimah di Malaysia.

Pashmina mampu menutupi bagian dada sehingga lekuknya tidak terekspos. Model hijabnya pun cenderung polos dan berwarna gelap. Walaupun, beberapa lainnya juga mengenakan scarf bernuansa cerah ketika menghadiri acara spesial. Muslimah Malaysia memang lebih menyukai model hijab yang sederhana tapi tetap modis.

3. Turki

Perbedaan Model Hijab dari 5 Negara, Indonesia Paling UnikModel hijab muslimah Turki/ Foto: Instagram @senasuraeerr

Mungkin Bunda sering melihat teman atau kerabat menerapkan model hijab Turki. Sejumlah selebriti Indonesia seperti Okky Asokawati pun sering menerapkan gaya hijab a la wanita Turki.

Hampir sama dengan Malaysia yang selalu tampil simpel, muslimah Turki memiliki model hijab yang khas. Ciri khas model hijab muslimah Turki dilihat dari bentuk segitiga di bagian atas jilbabnya.

Selain itu, muslimah Turki lebih senang mengenakan pashmina bermaterial sutera, baik segiempat maupun panjang. Kekhasan gaya hijabers Turki juga tampak di aksen lilitan scarf pada leher yang tampak merekat dan tidak menutup dada.

4. Inggris
Perbedaan Model Hijab dari 5 Negara, Indonesia Paling UnikModel hijab muslimah Inggris/ Foto: Instagram @basma _k

Muslimah Inggris juga memiliki model yang sederhana hanya satu atau dua langkah saja. Tak seperti model hijab muslimah Indonesia yang sangat bervariasi, dan terkadang cukup rumit.

Model hijab muslimah Inggris umumnya selalu menggunakan pashmina polos berbagai warna baik pastel maupun gelap. Ciri khas model hijab musimah Inggris juga terlihat dari bentuknya yang sedikit diberikan volume di bagian atas seperti yang diterapkan oleh fashion blogger populer asal Inggris, Basma Kahie.

Model hijab turban juga menjadi favorit muslimah Inggris. Tak seperti di Indonesia, muslimah di Inggris tak mengenal ciput atau dalaman hijab. Anting besar pun menjadi aksesori yang kerap dipakai muslimah Inggris.

5. Kuwait
Perbedaan Model Hijab dari 5 Negara, Indonesia Paling UnikModel hijab muslimah Kuwait/ Foto: Instagram @dalalid

Satu lagi yang model hijabnya berciri khas yakni muslimah asal Kuwait. Jika Bunda perhatikan, para muslimah di negara tersebut memakai pashmina pendek sehingga tidak menumpuk di leher.

Muslimah Kuwait juga lebih senang dengan model hijab yang simpel dan dililitkan ke leher sehingga tidak menutupi dada. Model hijab khasnya tampak pada lipatan kedua sisi wajah dekat alis. Biasanya sisi tersebut sengaja dilipat ke arah dalam sedikit sehingga bagian depannya menutupi dahi atas, Bun.

Kalau Bunda, suka model hijab dari negara mana, Bun?

Bunda, simak juga yuk cara menyimpan hiijab dengan lemari cabinet seperti dalam video berikut ini!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi