sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Menggoreng Ayam Krispi Agar Keriting Menggoda Selera

Siti Hafadzoh Rabu, 26 Feb 2020 06:00 WIB
Ayam krispi identik dengan kulit dan tepungnya yang keriting sempurna. Simak tips menggoreng ayam agar krispi berikut ya, Bun. caption
Jakarta - Ayam goreng krispi adalah salah satu makanan kesukaan anak. Kalau Bunda membuat ayam krispi yang garing dan keriting sempurna, bisa jadi anak makannya semakin lahap.

Bunda mungkin beberapa kali gagal membuat ayam krispi yang sempurna. Bagaimana ya tips menggoreng ayam krispi agar garing dan keriting sempurna?


Berikut HaiBunda rangkum dari berbagai sumber tips menggoreng ayam krispi agar keriting sempurna.


1. Rendam di air garam

Menggoreng ayam krispi agak sedikit tricky dalam mengolah kulit ayamnya. Bagian ini sangat berpengaruh untuk membuat tepung keriting, sehingga perlu disiapkan dalam waktu yang cukup lama, Bun. Dikutip dari Huffington Post, bahkan persiapan dimulai minimal 24 jam sebelum ayam digoreng.

Nah, salah satu cara supaya kulit ayam keriting adalah merendamnya dengan air garam. Rendam ayam di air garam selama 8-10 jam.

2. Tambahkan tepung kanji

Siapkan tepung bumbu siap saji untuk menggoreng ayam. Tambahkan tepung kanji untuk membuatnya renyah.

Tepung kanji bisa membuat ayam goreng semakin krispi lho. Bunda bisa menambahkan maizena atau tepung tapioka. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan merica supaya ada rasanya.

"Sangat penting untuk menggunakan tepung kanji dalam adonan tepung supaya membuatnya benar-benar renyah," kata Chef Chris Kujala dikutip dari My Recipes.

5 Tips Menggoreng Ayam Krispi Agar Keriting Menggoda SeleraIlustrasi ayam goreng/ Foto: iStock
3. Remas-remas ayam

Nah, ini merupakan kunci penting supaya ayam krispi keriting sempurna. Setelah dibalur dengan tepung, balur ayam satu per satu.

Teknik membalur ayam juga perlu diperhatikan nih, Bun. Saat membalur ayam dengan adonan kering, remas-remas dengan ujung jari agar keriting sempurna. Lakukan dengan gerakan seperti mencubit.

4. Gunakan wajan cekung

Ayam krispi harus digoreng dengan minyak yang banyak dan seluruh permukaannya terendam. Nah, makanya lebih baik Bunda menggoreng di wajan yang cekung supaya ayam bisa terendam sempurna.


5. Goreng dengan suhu yang tepat

Supaya ayam keriting dan garing, goreng pada suhu rendah, sekitar 160 derajat Celsius selama 14 menit. Suhu yang rendah bisa mencegah kulit ayam menjadi gosong.

"Temperatur yang lebih rendah mencegah bagian luar gosong sebelum bagian dalamnya matang," kata chef Jon Buck.

Selamat mencoba ya, Bun.

Bun, lihat resep ayam goreng mentega berikut ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi