Sign Up search


moms-life

Perdarahan Saat Bercinta Usai Melahirkan Normal atau Tidak, Apa Bedanya?

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 21 Mar 2020 19:13 WIB
Perdarahan Saat Bercinta Usai Melahirkan Normal atau Tidak, Apa Bedanya? caption
Jakarta - Setelah melahirkan, salah satu masalah ranjang yang kerap dialami istri adalah perdarahan. Gimana tanda perdarahan yang normal?

Dokter Obgyn Kally Kasper mengatakan khususnya ibu yang melahirkan normal, dia biasanya akan mengalami perdarahan saat bercinta usai melahirkan. Terlebih di periode awal-awal Bunda kembali berhubungan seksual.




"Perdarahan ini bisa jadi alarm. Akibat rahim yang jadi lebih kasar, bertambahnya aktivitas rahim, atau orgasme yang membuat rahim kontraksi," kata Kasper mengutip Self.

Makin pulih tubuh Bunda, makin sedikit perdarahan yang terjadi. Kasper bilang meski begitu tetap perhatikan kondisi fisik dan tubuh ya.

"Bila Anda mengalami perdarahan dengan warna merah terang, konsultasi ke dokter untuk memastikan pemulihan Anda sesuai rencana," tambah Kasper.

Sementara itu, dokter obgyn Valinda Riggins menegaskan, beberapa waktu setelah melahirkan Bunda masih bisa mengalami perdarahan. Ini karena rahim juga sedang pulih.

ilustrasi perdarahanilustrasi perdarahan/ Foto: iStock
Sehingga, Bunda hubungan seks bisa membuat perdarahan lebih banyak. Ditambah vagina dalam kondisi kering dan lebih sensitif karena faktor hormon dan fisik. Hal ini membuat otot vagina lebih tipis hingga lebih mudah terluka

"Saat vagina membengkak atau meradang perdarahan yang terjadi tak normal segera ke dokter. Jika perdarahan tak usai sampai 4-6 minggu atau memburuk Anda bisa jadi mengalami luka atau iritasi di vagina hingga perlu diatasi dan bisa kembali bercinta," katanya.


Dilansir The Bump, ada 2 sebab sebab perdarahan. Usai mengandung 9 bulan adalah hal yang wajar jika Bunda mengalami iritasi di vagina. Sebab, rahim pun habis meregang.

Sebab kedua, orgasme memang dasarnya bisa memicu kontraksi yang bisa memicu perdarahan saat bercinta. Kadang pun disertai nyeri.

Simak kisah cinta Yannie Kim di video ini.

[Gambas:Video Haibunda

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi