sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Membuat Rempeyek Kacang Renyah Anti Gagal

Maya Sofia Selasa, 28 Apr 2020 05:20 WIB
peyek caption
Jakarta - Di rumah saja menjadi kesempatan untuk para Bunda lebih kreatif mengolah hidangan di dapur. Mulai dari membuat berbagai kue lezat hingga kuliner khas Nusantara.

Jika Bunda salah satunya, bisa coba nih tips membuat rempeyek kacang yang renyah dan anti gagal. Seperti diketahui rempeyek adalah sejenis gorengan tepung beras yang dicampur dengan air.


Untuk membuat rempeyek kacang ini memang susah-susah gampang, Bunda. Jika salah mengolah, rempeyek malah alot dan tidak renyah.


Nah, berikut HaiBunda bagikan tips membuat rempeyek renyah dikutip dari buku Dapur Pintar. Pertama-tama, siapkan tiga gelas tepung beras, santan kental dari seperempat kelapa, 2 siung bawang putih, sekerat lengkuas, kunyit, tiga butir kemiri, dan lima helai daun jeruk purut.

Setelah itu haluskan semua bumbu tadi. Bumbu yang sudah halus kemudian diaduk dengan tepung dan santan. Namun Bunda perlu mengeceknya terlebih dahulu apakah adonan terlampau encer atau tidak.

Rempeyek disajikan dengan tumpengRempeyek disajikan dengan tumpeng. (Foto: dikhy sasra)

Setelah itu tambahkan sebutir telur yang sudah dikocok. Terakhir, masukkan kacang tanah atau kacang kedelai yang sudah dicuci bersih. Selanjutnya goreng dengan minyak cukup banyak dan api sedang.

Khusus untuk jeruk purut, Bunda juga bisa mengirisnya tipis-tipis. Lalu campurkan ke adonan tadi.  Selain gurih dan renyah, rempeyek kacang yang telah digoreng juga akan menjadi harum.


Simak juga resep bakso udang dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi