moms-life

Tips Menggoreng Peyek Tetap Krenyes Meski Sudah Dingin

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 12 Jan 2020 13:15 WIB
Tips Menggoreng Peyek Tetap Krenyes Meski Sudah Dingin
Jakarta - Rempeyek atau peyek jadi salah satu pelengkap makan atau camilan yang kriuk gurih. Kadang kala, para bunda pun mau mencoba bikin peyek sendiri.

Hanya saja, yang sering bikin para bunda kecewa, awal setelah digoreng peyeknya kriuk. Tapi, beberapa waktu kemudian, bahkan ketika peyek disimpan di stoples dengan rapat, kok malah melempem.


Hiks, sedih. Lalu, apa sih trik agar peyek tetap garing dan renyah? Pakar kuliner Sisca Soewitomo mengatakan, apapun resepnya, asal menu gorengan, termasuk peyek, ada satu kuncinya, Bunda.


"Tambahkan 2 sendok makan sagu atau maizena," ujar Sisca, saat berbincang dengan HaiBunda baru-baru ini.


Ilustrasi peyekIlustrasi peyek/ Foto: Banyak orang asing juga menyukai peyek termasuk mantan PM Tony Abbott Foto: Erwin Renaldi/Australia Plus Indonesia
Sisca mengatakan, maizena atau sagu berguna untuk mengisap air yang ada dalam adonan. Sehingga, kata Sisca, peyek akan tetap garing. Hal sama juga berlaku bila Bunda hendak menggoreng camilan yang digoreng macam tempe goreng yang kadang jadi gorengan favorit banyak orang.

Seringkali ada yang bilang, gorengan yang tahan kriuk cukup lama karena ada oknum yang menggoreng memakai minyak curah, yang sekaligus dicampur dengan plastiknya. Benar begitu, Bu Sisca?



"Ah enggak. Enggak ada kayak gitu. Kalau mau kriuk, Insya Allah tambahkan tapioka atau sagu tadi," tegas Sisca.

Nah, kalau mau bikin peyek, apakah isian peyek misalnya teri atau kacang, apakah memengaruhi kriuk tidaknya peyek? Kata Sisca enggak kok, Bunda. Itu semua tergantung selera Bunda dan keluarga.

"Itu lebih ke pemberi rasa saja ya," tegas Sisca.

Bunda, simak juga resep bakso goreng udang, dalam video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi