sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Mau Kompak dan Modis Pakai Baju Lebaran Keluarga? Intip Yuk Caranya

Annisa Afani Senin, 18 May 2020 15:10 WIB
Ilustrasi Lebaran caption
Jakarta -

Lebaran semakin dekat, pasti sudah banyak hal yang Bunda persiapkan. Dan meski Lebaran harus di rumah saja, bukan berarti tampilan jadi biasa saja ya? Bunda dan keluarga harus tetap semangat dan bahagia menyambut Idul Fitri, dengan tampilan yang lebih kece dari hari biasa.

Nah biasanya yang dipersiapkan dengan matang, selain sajian saat Lebaran, juga baju. Dan memilih baju Lebaran keluarga tidak bisa dikatakan mudah karena kita harus menentukan banyak pilihan dari motif, model, hingga dicocokkan dengan karakter yang memakainya.

Meski model baju Lebaran selalu muncul dengan tren terbaru di setiap tahunnya, beberapa model, motif, bahkan warna yang pernah jadi tren sebelumnya masih oke kok untuk dipakai lagi tahun ini, hanya beri sedikit sentuhan supaya tampilan berbeda.


Dikutip dari sejumlah sumber, berikut ini cara untuk memilih baju Lebaran keluarga supaya kompak di Hari Raya dan tetap modis.

1. Baju Lebaran nuansa putih

Pakaian dengan nuansa putih sudah menjadi khas kala Hari Raya, yang memberi kesan bersih dan fitri menyambut hari kemenangan. Selain itu, warna putih itu juga timeless dan memberi tampilan bersahaja.

Nah Bunda dan anak perempuan bisa memilih gamis, kaftan, dress atau tunik warna putih. Sedangkan Ayah dan anak laki-laki bisa mengenakan baju koko warna senada.

2. Baju warna pastel dan earthy tone

Tren warna baju tahun ini cenderung pastel, di antaranya biru muda, mint, baby pink. Selain pastel, warna earthy tone atau bumi, seperti olive, cokelat, beige, mustard, abu-abu.

Jadi Bunda, bisa memilih baju Lebaran dengan warna-warna tersebut untuk dikenakan bersama keluarga. Untuk pastel karena warnanya yang lembut, sehingga mudah dipadukan dengan warna lain.

Misalnya, Bunda bisa memilih atasan biru muda dipadukan dengan bawahan putih atau krem. Sementara untuk earthy tone, Bunda bisa memadukan atasan cokelat dengan bawahan krem atau menggunakan baju dengan warna satu tone.

4. Baju Lebaran batik

Batik juga bisa dijadikan seragaman saat Lebaran. Untuk motifnya, bisa dipilih secara bebas sesuai karakter, selera dan keinginan bersama, begitu pula dengan modelnya.

Museum Batik Pekalongan Batik Pekalongan/ Foto: Lena Ellitan/d'traveler

Memakai batik sebagai baju Lebaran keluarga tak ada salahnya karena batik bisa dikenakan kapan saja dan siapa saja. Batik bisa memberikan kesan mewah serta elegan yang cocok bagi orang dewasa hingga anak-anak.

4. Baju Lebaran model kebaya

Yang tak ketinggalan saban Lebaran, baju model kebaya juga sering lho dipilih untuk dikenakan saat Lebaran tiba. Nah, Bunda juga bisa menjadikan opsi lain untuk model seragaman bajuĀ Lebaran keluarga.

Tapi untuk model ini, sebaiknya pilih yang bahannya nyaman, ringan dan adem ya Bunda. Biasanya kebaya dipadukan dengan batik. Jika Bunda mengenakan model kebaya, Ayah bisa mencocokannya dengan atasan batik senada dan celana warna yang disesuaikan dengan baju Lebaran.

5. Baju Lebaran kain tenun

Tak cuma batik, kain nusantara yang juga bisa dijadikan baju seragaman saat Lebaran adalah kain tenun. Apalagi kain ini kini kian populer dari tahun ke tahun, sehingga boleh dicoba membuat baju Lebaran dari kain ini.

Tampilannya yang cantik akan memberikan gaya yang menarik saat dikenakan saat Lebaran. Kain ini juga memberikan kesan hangat dan ramah saat dikenakan, sehingga cocok dipakai untuk berkumpul bersama keluarga besar.

6. Baju Lebaran motif etnik

Motif etnik tentunya akan memberi kesan berani dan unik bagi pemakainya. Dengan dipadukan warna cerah, baju Lebaran keluarga akan memberi kesan modis dan beda. Pilih model baju motif etnik dengan gaya yang lebih santai dan dinamis untuk Lebaran di rumah aja ya Bunda.

Bun, lihat juga tips menghilangkan noda lipstik di baju dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi