sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Potong Rambut Sendiri untuk Bunda Berambut Keriting

Yuni Ayu Amida Selasa, 19 May 2020 19:10 WIB
ilustrasi wanita potong rambut caption
Jakarta -

Rambut panjang ikal atau keriting tentunya berbeda dengan rambut panjang lurus, Bunda. Perawatannya tentu berbeda juga, begitu pula cara memotongnya.

Menyisir rambut kadang kerap diremehkan, padahal ini penting untuk membuat rambut tetap rapi dan terjaga. Itulah yang dikatakan penata rambut dan pemilik salon, Kenzie Veurink.

Untuk yang berambut keriting, bisa mendapatkan perawatan serupa dengan menggunakan sisir bergigi jarang atau jari-jari tangan. Tujuannya untuk merangsang kulit kepala, terutama ketika sedang mengoleskan minyak alami ke rambut.


Dengan merangsang kulit kepala, helai rambut bisa tetap mengkilap dan kuat. Bahkan beberapa bukti mengatakan bahwa stimulasi kulit kepala mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat.

Nah, kalau Bunda berambut keriting dan berencana untuk memotong sendiri, tentu ada hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah mempertimbangkan tekstur dan panjang rambut. Karena untuk rambut keriting, pendek, atau bertekstur, kesalahan akan lebih mudah dikenali, jadi hati-hati ya.

Beauty Portrait. HairstyleBeauty Portrait. Hairstyle/ Foto: thinkstock

Supaya hasilnya lebih bagus, simak tips memotong rambut berikut ini, dikutip dari Wired.

1. Cuci rambut dan pakai kondisioner. Biarkan hingga benar-benar kering, karena rambut menyusut saat mengering. Ini akan membantu Bunda menghindari memotong terlalu banyak. Tentukan setiap sudut menggunakan sisir sebelum memulai. Jika rambut sulit diatur, Bunda bisa menyemprotkan dengan air, tapi jangan terlalu banyak karena rambut bisa lembab. Gunting dengan ujung gunting bukan dengan lengan mata pisau.

2. Pastikan Bunda memiliki gunting berkualitas dan sisir. Gunakan klip untuk membantu membagi rambut jadi bagian-bagian yang bisa diatur.

3. Gantungkan jubah atau handuk di atas bahu seperti di salon ya, Bunda, supaya potongan rambut enggak jatuh ke badan dan bikin gatal.

Ikuti juga saran di bawah ini untuk memotong rambut keriting:

Potongan yang Bunda inginkan tergantung jenis rambut keriting atau yang Bunda miliki. Untuk ikal 2A hingga 3B yang lebih longgar, Bunda mungkin bisa mengikuti tutorial ini. Bunda bisa melakukannya saat rambut kering dan memotong bagian ikal demi ikal untuk memastikan rambut tetap terlihat tebal.

Untuk jenis ikal yang lebih rapat mulai dari 3C hingga 4C, cara yang Bunda akan lakukan mungkin berbeda. Coba potong rambut Bunda, lepaskan dengan lembut, dan gunakan tekanan kuat untuk menjaga rambut tidak bergerak terlalu banyak saat dipotong.

Semua tergantung pada pola keriting dan bentuk rambut Bunda. Yang perlu diingat adalah rambut ikal memiliki gayanya sendiri, jadi harus sabar saat memotongnya dalam bagian-bagian kecil.

Simak juga tips atasi kutu rambut dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi