sign up SIGN UP search


moms-life

Enggak Bisa ke Salon? Begini Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah

Yuni Ayu Amida Selasa, 19 May 2020 09:05 WIB
ilustrasi potong rambut caption
Jakarta -

Rambut adalah mahkota wanita. Itu sebabnya setiap wanita pasti ingin menjaga rambutnya agar selalu sehat dan enak dilihat. Nah, kalau rambut sudah panjang tapi belum bisa ke salon, Bunda berencana ingin memotongnya sendiri?

Sah-sah saja jika ingin memotong rambut sendiri, tapi pastikan Bunda bisa melakukannya agar terhindar dari kesalahan dan penyesalan saat hasil tak sesuai yang diinginkan. Dan jangan pernah lakukan hal ini saat Bunda stres.

"Kami tidak pernah membuat keputusan rambut terbaik saat stres," kata penata rambut, Angela Layng, dikutip dari Wired.


Lebih lanjut, jika Bunda tetap ingin memotong rambut sendiri di rumah, maka perlengkapan yang paling dibutuhkan adalah gunting berkualitas. Tepiannya yang tajam membantu menjaga rambut tidak mengembang di ujung atau bergerak terlalu banyak saat Bunda mengguntingnya.

Merawat rambutMerawat rambut/ Foto: shutterstock

Bagaimana caranya? Simak tips memotong rambut sendiri berikut ini:

1. Cuci rambut dna pakai kondisioner. Biarkan hingga benar-benar kering karena rambut menyusut saat mengering. Ini akan membantu Bunda menghindari memotong terlalu banyak. Tentukan setiap sudut menggunakan sisir sebelum memulai. Jika rambut sulit diatur, Bunda bisa menyemprotkan dengan air, tetapi cobalah untuk tidak membuatnya terlalu lembab. Gunting dengan ujung gunting bukan dengan lengan mata pisau.

2. Pastikan Bunda memiliki gunting berkualitas dan sisir. Gunakan klip untuk membantu membagi rambut menjadi bagian-bagian yang bisa diatur.

3. Pakai jubah atau handuk di atas bahu. Seperti di salon ya, Bunda, supaya potongan rambut enggak menempel di badan dan bikin gatal.

4. Bagilah rambut dan jepit menjadi beberapa bagian. Bawa satu bagian ke depan, lalu tentukan seberapa banyak Bunda ingin memotongnya. Disarankan seperempat inci hingga setengah inci. Potong lebih sedikit dari yang Bunda inginkan.

5. Pangkas panjang batang rambut, lalu potong ujungnya dengan hati-hati. Gunting sisa rambut yang tidak terpotong untuk mendapatkan hasil rapi dan halus.

Simak juga mitos soal rambut dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi