sign up SIGN UP search


moms-life

3 Amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadhan Saat Bunda Haid

Arina Rabu, 20 May 2020 04:30 WIB
A Muslim mother is smiling while sitting on the couch, with her daughter in her lap. They are both wearing headscarves while cuddling each other. caption
Jakarta -

Menstruasi membuat Bunda tak bisa salat dan puasa di Bulan Ramadhan. Tidak hanya itu, Bunda juga tak dianjurkan untuk menyentuh dan membaca kitab suci Alquran karena dalam keadaan 'kotor'.

Meski Bunda membaca Alquran lewat smartphone, ternyata tetap tak dianjurkan, Bun. Melihat beberapa dalil, Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Aisyiyah, Dra. Cholifah Syukri, MSi, menjelaskan tentang hukum wanita haid membaca Alquran.

"Hukumnya boleh saja asal tidak bermaksud untuk mencari pahala, sebagaimana wanita yang tak dalam keadaan berhadats," jelas Cholifah pada HaiBunda beberapa waktu lalu.


Jadi, hukum wanita haid membaca Alquran adalah makruh. Namun, apabila diperlukan untuk belajar atau menelaah makna serta tafsirnya yang akan disampaikan sebagai materi belajar-mengajar maka tidak dilarang, Bunda.

Ketika membaca Alquran makruh, amalan apa yang bisa dilakukan wanita haid selama bulan Ramadhan sehingga tetap memiliki kesempatan mendapatkan pahala berlipat ganda?

Yang perlu ditekankan, amal kebaikan di bulan Ramadhan dengan niat ibadah akan memiliki nilai ibadah. Tak hanya itu, ibadah juga dibagi menjadi dua macam, ada umum dan khusus.

Pembahasan ibadah khusus atau ibadah mahdzah telah diatur bentuk serta cara pelaksanaannya dalam syariat Islam. Contoh ibadah khusus itu seperti kewajiban salat dan larangan puasa untuk wanita haid.

Sementara ibadah umum itu adalah segala amalan yang diizinkan oleh Allah SWT. Salah satu contoh sederhananya berupa aktivitas serta kesibukan seseorang yang dimaknai tak hanya bekerja demi mendapatkan uang dan kekayaan tapi juga niat ibadah. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-A'raf ayat 42 yang berbunyi:

وَالَّذِينَآمَنُواوَعَمِلُواالصَّالِحَاتِلاَ نُكَلِّفُنَفْسًاإِلاَّ وُسْعَهَاأُولَئِكَأَصْحَابُالْجَنَّةِهُمْفِيهَاخَالِدُوْنَ (42)

Artinya:

"Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekedar kesanggupannya, mereka Itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya."

Mengacu pada ayat di atas, ini berarti ada beberapa amalan saleh yang bisa dilakukan semua umat Muslim dalam kondisi apa pun termasuk saat sedang haid. Apa saja amalan yang bisa dilakukan wanita haid saat Ramadhan?

1. Semua kegiatan dengan niat ibadah termasuk amalan saleh, Bun. Itu penting karena dari niat akan menentukan kualitas seseorang. Jadi, kesibukan yang memiliki niat positif baik secara fisik maupun pikiran termasuk salah satu amalan saleh.

2. Seorang Muslim akan memperoleh derajat amalan saleh ketika selalu memulai aktivitas dengan berdoa. Jangan lupa membaca Basmalah jika tak ingin terputus amalannya, Bun. Hal tersebut tertuang dalam hadits yang berbunyi;

الدُّعَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةِ

Artinya:

"Doa adalah kunci ibadah."
( HR. Empat Imam hadits dari an-Nu'man bin Basyir)

Muslim concept. Young muslim woman writing notebook paper, relaxing and enjoying her book.Ibadah wanita haid saat Ramadhan/ Foto: iStock

كُلُّ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لاَ يُبْدَأُ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَقْطَعُ

Artinya:

"Segala perbuatan yang tidak dimulai dengan membaca 'bismillahirrahmanirrahim', maka amalan tersebut terputus pahalanya." (HR Abd. Qadir ar-Rahawi dari Abu Hurairah)

3. Bertawakal kepada Allah SWT, Bun. Tawakal itu artinya membebaskan hati dari ketergantungan selain Allah SWT dan menyerahkan segala keputusan hanya kepada-Nya.

Jadi, Bunda perlu meyakini segala kehidupan, apa yang diupayakan, semaksimal kemampuannya atas kehendak Allah SWT. Hal ini tertuang dalam surat Hud ayat 123 dan Al-Maidah ayat 23 yang berbunyi;

وَلِلَّهِغَيْبُالسَّمَاوَاتِوَالأرْضِوَإِلَيْهِيُرْجَعُالأمْرُكُلُّهُفَاعْبُدْهُوَتَوَكَّلْعَلَيْهِوَمَارَبُّكَبِغَافِلٍعَمَّاتَعْمَلُونَ

(١٢٣)

Artinya:

"Dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, Maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya. dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan." (QS. Hud [11]: 123)

قَالَرَجُلانِمِنَالَّذِينَيَخَافُونَأَنْعَمَاللَّهُعَلَيْهِمَاادْخُلُواعَلَيْهِمُالْبَابَفَإِذَادَخَلْتُمُوهُفَإِنَّكُمْغَالِبُونَوَعَلَىاللَّهِفَتَوَكَّلُواإِنْكُنْتُمْمُؤْمِنِينَ

(٢٣)

Artinya:

"Berkatalah dua orang diantara orang-orang yang takut (kepada Allah) yang Allah telah memberi nikmat atas keduanya: "Serbulah mereka dengan melalui pintu gerbang (kota) itu, Maka bila kamu memasukinya niscaya kamu akan menang. dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakal, jika kamu benar-benar orang yang beriman." (QS. Al-Maidah [5]: 23)

Berdasarkan dalil-dalil di atas bisa diambil kesimpulan kalau wanita haid dapat melakukan amalan kebaikan berupa pengertian ibadah secara umum. Meski hanya mendorong anak dan keluarga membaca Alquran, menyarankan untuk tarawih berjamaah, berbuka puasa dan sahur bersama, memerintahkan anak belajar, melakukan infaq bersama, dan lain sebagainya.

Kegiatan rumahan termasuk amal kebaikan jika diiringi dengan niat mencapai ridha-Nya akan bernilai taqorrob atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ini merupakan amal kebaikan yang akan mendapat pahala berlipat ganda pada bulan Ramadhan.

Sumber:

Al Qur'an Karim dan Terjemah, Yogyakarta, Gramasurya, 2010

Ahmad Badawi, KH, Hadis Mi'ah, Asep Shalahuddin S.Ag. M. Pd.I (Editor), Cetakan ke I, Yogyakarta, Suara Muhammadiyah. 2015.

Ahmad Musthafa Al Maraghi, Tafsir Al Maraghi (Terjemah), Jld, 27, Semarang, PT. Thoha Putra. 1989.

Ibnu Hajar Al Asqalani, Al 'Alamah Al Kabir wal Muhadits Asy Syahir Al Hafidz, Bulughul Maram, Azhar, Al Haramain tt.

PP Muhammadiyah, Majelis Tarjih. Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah, Yogyakarta, Suara Muhammadiyah, 2011.

PP Muhammadiyah, Tim Majelis Tarjih dan Tajdid, Tanya Jawab Agama 2, Cetakan ke VI, Yogyakarta, Suara Muhammadiyah, 2003.

Sulaiman Rasyid, H, Fiqh Islam, Cetakan ke 32, Bandung, PT. Sinar Baru Algensindo, 1998.

Bunda, simak juga yuk penjelasan haid yang enggak lancar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi