sign up SIGN UP search


moms-life

Sambut Lebaran, Lembapkan Kulit Tangan dengan Perawatan Rumahan

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 20 May 2020 15:27 WIB
Hands care in the spa. Beautiful woman's hands with perfect manicure. Manicurist master makes manicure caption
Jakarta -

Tanpa terasa sudah dua bulan lebih, kita menjalani physical distancing ya, Bunda. Fokus kita tersita pada pencegahan penularan Covid-19 agar tak semakin meluas.

Lalu, apa kabar kondisi kulit nih, Bunda? Lama di rumah membuat sebagian dari kita jadi cuek terhadap kesehatan kulit. Apalagi selama beberapa bulan belakangan kita tak bisa perawatan ke salon ya.

Banyak yang menganggap di rumah saja akan membuat kulit baik-baik saja. Tak terpapar sinar matahari, debu, polusi, dan radikal bebas bukan berarti kulit langsung bebas masalah ya.


Kulit sebagai lapisan luar memiliki risiko terpapar kotoran atau bakteri dengan mudah. Di sisi lain, kulit pun berisiko jadi lebih kering saat kita lebih sering cuci tangan.

"Mencuci tangan secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada lapisan kulit luar, dengan kekeringan dan iritasi," ungkap Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai di New York dilansir Insider.

Hands care in the spa. Beautiful woman's hands with perfect manicure. Manicurist master makes manicurePerawatan tangan kering/ Foto: iStock

Untuk itu, Zeichner menyarankan agar kita menggunakan pelembap secara teratur nih, Bunda. Ditambahkan Kathleen Suozzi , asisten profesor dermatologi di Yale School of Medicine bahwa kulit wajah juga sangat mungkin mengalami kekeringan selama berada di rumah saja.

"Satu hal yang saya sarankan untuk itu adalah perawatan untuk membantu hidrasi kulit," kata Souzzi tentang memerangi wajah kering.

Tak hanya kulit tangan, area di sekitar kuku pun perlu diperhatikan lho, Bunda. Mengutip saran Erlina Chandra, seorang beauty content creator bahwa merawat kulit kuku kering tidak susah kok, Bunda.

Nah, mumpung mau Lebaran tak ada salahnya kita merawat tangan ya, Bunda. Meski tak bersilaturahmi dengan banyak orang, setidaknya bisa tampil cantik di Hari Raya Idul Fitri. Bunda bahkan bisa membuat skincare sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Simak yuk langkah-langkahnya di bawah ini:

Bahan:

1 sdm garam laut
1 sdt perasan air lemon
500 ml air hangat
3-4 tetes Bio Oil

Campurkan semua bahan dalam wadah bersih, lalu rendam jari-jari tangan selama 10 menit, Bunda. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal ya.

Bunda bisa juga mengajak si kecil untuk melakukan perawatan di rumah. Selain membuat kegiatan yang menyenangkan, mengajak anak merawat diri sejak kecil juga akan membuat mereka paham pentingnya menjaga kebersihan tubuh.

"Permasalahan kulit seperti bekas luka dan kondisi kulit kering harus dirawat dengan tepat. Berikan nutrisi dan asupan yang tepat bagi kulit secara rutin baik dari dalam maupun dari luar seperti mengonsumsi sayur dan buah, minum air putih yang cukup. Serta menggunakan produk perawatan yang dapat mencegah dan mengatasi permasalahan kulit. Gunakan produk dengan kandungan optimal yang memberikan nutrisi, kelembapan dan menguncinya dalam kulit. Pelembab dengan bahan dasar minyak efektif dalam menjaga kelembapan kulit lebih lama," ujar Nurhayatini, Product Manager dari PT Radiant Sentral Nutrindo.

Buat ibu hamil, simak juga yuk mencegah kulit kering dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi