sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Perlu Tahu, Ini 3 Manfaat Pepaya Muda untuk Kesehatan

haf Jumat, 22 May 2020 16:35 WIB
pepaya muda Pepaya muda/ Foto: detikfood
Jakarta -

Hampir seluruh bagian tanaman pepaya mengandung papain (getah), khususnya pepaya yang masih muda. Jenis pepaya ini belum benar-benar matang (mentah), berwarna hijau dan belum memiliki biji.

Pepaya muda mengandung enzim papain memiliki banyak manfaat, seperti sebagai bahan obat, pelunak daging, penjernih minuman hingga bahan perenyah kue kering atau biskuit.


Simak juga Bunda, resep sehat jus pepaya yogurt pada video berikut:

Selain itu, pepaya muda juga dapat dirasakan manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya untuk pencernaan. Papain dalam pepaya muda sangat bagus untuk membantu terbentuknya gas dalam perut, dan membantu menetralisir racun (toxic), sehingga bisa mencegah penyakit gangguan pencernaan seperti perut kembung dan susah BAB.

Meskipun pepaya muda bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, buah ini justru tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Karena kandungan papain-nya bisa menyebabkan kelainan pada janin hingga keguguran.


Pepaya/ Foto: iStock


Selain manfaatnya dirasakan untuk pencernaan, mengutip swirlster.ndtv, berikut manfaat lain yang didapatkan dari pepaya muda bagi kesehatan, yaitu:

1. Sumber Vitamin

Pepaya muda mengandung banyak vitamin yang membantu berbagai masalah kesehatan. Kandungan vitamin A, B, C dan E mampu memperbaiki kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu, kandungan vitaminnya juga membantu meningkatkan penglihatan, melindungi sel dari kerusakan hingga membantu memperlambat proses penuaan dini.

2. Membantu Perbaikan Sel

Pepaya muda mengandung protein, fitonutrien, dan enzim seperti papain dan chymopapain yang berguna untuk membantu perbaikan sel, mencegah pembengkakan hingga membantu menurunkan berat badan.

3. Anti-Peradangan

Pepaya mentah atau muda dapat meredakan peradangan pada tubuh. Selain itu, bermanfaat untuk mengatasi infeksi pernapasan, infeksi tenggorokan atau radang tubuh lainnya, termasuk kram menstruasi.

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi