sign up SIGN UP search


moms-life

Penting, 6 Cara Tepat Mencuci Buah & Sayuran agar Tak Tercemar Bakteri

Arina Sabtu, 06 Jun 2020 13:42 WIB
buah dan sayur caption
Jakarta -

Mencuci sayuran dan buah-buahan mungkin terdengar sepele. Namun kalau tidak tepat, malah mencemari sayuran serta buah-buahan yang sehat dengan kandungan bakteri atau kuman.

Ingat, buah dan sayuran sarat dengan bahan kimia yang berbahaya. Untuk itu, sangat penting mencuci sayuran dengan benar untuk menghilangkan bakteri serta debu yang ada di dalamnya.

Perhatikan lima cara terbaik dalam mencuciĀ buah-buahan dan sayuran seperti dilansir Times of India berikut ini:


1. Mulai dari Sayuran dan Buah yang Keras

Mulailah dengan mencuci sayuran dan buah-buahan yang keras atau memiliki lapisan luar tebal. CuciĀ sayuran dan buah di bawah air mengalih dan keringkan menggunakan handuk microfiber atau tangan.

2. Cuci Sayuran Berdaun

Cuci sayuran berdaun. Ambil semangkok air dan celupkan sayuran berdaun di dalamnya. Setelah beberapa menit, bersihkan kotoran menggunakan tangan.

Saring airnya dan cuci sekali lagi untuk memastikan tidak ada kotoran tersisa. Ulangi proses ini sebanyak dua kali.

Setelah selesai, keluarkan sayuran dan masukkan ke saringan besar untuk mengeringkannya. Jangan lupa mengupas daun terluar dari semua sayuran takut sudah terkontaminasi bakteri.

mencuci sayuranCara tepat mencuci buah dan sayuran/ Foto: istimewa

3. Cuci Jamur

Jika Bunda membeli jamur, pisahkan sendiri. Cuci jamur seperti Bunda membersihkan sayuran tebal. Cara terbaik membersihkannya menggunakan kain karena mencuci langsung dengan air akan membuat jamur lebih sulit dibersihkan serta memungkinkan merusak teksturnya.

4. Potong Bagian yang Busuk

Amati sayuran atau buah yang Bunda beli. Pastikan memperhatikan bintik hitam pada sayuran atau buah-buahan. Jika sudah busuk, langsung dibuang saja area tersebut dengan memotongnya.

5. Rebus Sayuran

Cara merebus sayuran untuk membersihkannya tidak benar-benar 'merebusnya'. Gunakan metode blanching.

Rebus air dalam wajan dan matikan api. Rendam sayuran ke dalam air mendidih dan diamkan selama kurang lebih delapan menit.

Dalam mangkok lain, ambil beberapa es batu dan masukkan sayuran yang tadi sudah direndam air panas. Proses ini membantu mempertahankan warna sayuran dan menghentikan proses memasak. Ini salah satu cara terbaik menghilangkan sebagian besar pestisida dari sayuran.

6. Tidak Gunakan Sabun

Meski ada sabun atau deterjen yang diklaim bisa digunakan buat buah dan sayuran, sebaiknya tak digunakan, Bunda. Sabun bisa dengan mudah masuk ke dalam sayur atau buah sehingga mencemari bahan kimia. Bunda lebih baik menggunakan cuka sebagai gantinya.

Semoga membantu ya.

Bunda, simak juga yuk 5 buah yang boleh dimakan dengan kulitnya seperti dijelaskan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!