sign up SIGN UP search


moms-life

7 Hal Sederhana yang Bisa Bunda Lakukan agar Hidup Lebih Bahagia

Yuni Ayu Amida Kamis, 11 Jun 2020 18:06 WIB
Young Woman Sits in the Back of a Convertible, Her Arms in the Air, Laughing With Joy caption
Jakarta -

Setiap manusia biasanya memiliki kecemasan dan masalah dalam hidupnya, Bunda. Itu sebabnya sangat penting untuk kita bisa mendapatkan ketenangan pikiran.

Hanya saja, kadang kita merasa tidak menemukan cara untuk membuat hidup bahagia. Padahal sebenarnya kebahagiaan tersebut didapat dari diri sendiri lho. Karena yang benar adalah, kita tidak harus bergantung pada orang lain untuk kebahagiaan dan kesejahteraan kita.


1. Tidak melakukan hal-hal negatif
Nah, berikut ini beberapa hal sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk membuat hidup lebih bahagia, dilansir Medium.


Berhentilah untuk melakukan hal-hal yang membuat Bunda tidak nyaman. Seperti mendengarkan lagu-lagu sedih. Hal-hal ini memiliki efek negatif lho. Bunda pasti akan terkejut betapa Bunda bisa lebih bahagia dengan menghilangkan konten negatif dalam hidup.

2. Jangan memusingkan hal-hal kecil

Jangan menyudutkan diri sendiri dengan rasa bersalah yang berlebihan. Jika kita melewatkan satu hari untuk menulis jurnal atau latihan, jangan menyalahkan diri tentang itu. Hidup terkadang sibuk, dan jika kita melewatkan satu atau dua hari kebiasaan rutin kita, tidak masalah. Selalu ada hari esok.

3. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setiap hari memang terlihat seperti kompetisi. Namun yang perlu Bunda ingat adalah jangan bandingkan kehidupan sendiri dengan kehidupan orang lain. Orang yang mendapat perhatian media adalah mereka yang telah mencapai sesuatu. Terlepas dari itu, jangan menukar hidup kita dengan orang lain. Kita semua dalam perjalanan yang berbeda. Mungkin Bunda baru memulai atau mungkin sudah mencoba sesuatu dan gagal.

Apa pun tingkat kehidupan kita, masa depan adalah milik kita sendiri dengan mewujudkan apa yang kita inginkan. Membandingkan diri dengan orang lain dan mencibir tidak akan ada gunanya, kecuali hanya membuat kita merasa tertekan.

ilustrasi tertawailustrasi tertawa/ Foto: ilustrasi/thinkstock

4. Tidak melakukan sesuatu hanya karena tekanan teman sebaya

Jangan melakukan sesuatu hanya karena tekanan teman sebaya, Bunda. Ini sama seperti kita tidak membandingkan diri dengan orang lain. Kita harus nyaman dengan hidup kita dan tidak mencoba menyesuaikan diri dengan berpura-pura menjadi orang lain.

5. Curhat

Curhat bisa menjadi penyegar yang baik. Jika Bunda menemukan teman yang bisa diajak bicara, hargailah mereka. Tentunya akan menjadi sebuah berkah saat kita memiliki orang-orang di sekitar yang bersedia duduk dan mendengarkan masalah. Tak hanya itu, kita juga bisa menjadi mencoba menjadi pendengar yang baik, karena terkadang mendengarkan masalah orang lain dan menawarkan telinga yang baik bisa terasa sama baiknya.

Yang perlu diingat, curhat harus digunakan sebagai pelepasan bukan alasan. Jika kita hanya terus menyalahkan dunia untuk masalah dalam hidup, kita tidak akan maju.

6. Butuh hari malas

Saat kita bekerja penuh waktu, ada akhir pekan di mana kita akan merasa sangat lelah. Di saat itu biasanya kita akan memilih untuk seharian bermalas-malasan. Ini adalah cara sederhana untuk keluar dari tekanan. Tidak masalah untuk menjadikan salah satu hari sebagai hari bermalas-malasan, Bunda. Tak harus berada di tempat tidur seharian, kita hanya tidak perlu melakukan hal berat, dan menjalani hari dengan sesantai mungkin.

7. Temukan kebiasaan yang membuat kita merasa baik

Temukanlah sesuatu yang membuat Bunda bahagia. Bagi sebagian orang mungkin berkebun, ada pula yang memasak. Intinya lakukan suatu aktivitas yang bisa membuat Bunda merasa selalu baik.

Kebanyakan orang tidak begitu memperhatikanĀ kesehatan mental mereka. Padahal sama seperti tubuh, pikiran juga butuh perawatan. Faktanya, hidup saat ini terasa rumit, jadi kita perlu memperhatikan pikiran kita.

Semangat ya, Bunda!

Simak juga the new normal dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi