sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Merawat Wajah Pakai Kantong Teh Celup Menurut Ahli Kecantikan

Arina Rabu, 24 Jun 2020 14:17 WIB
Tea bag on background of mint and and green cup caption
Jakarta -

Bunda terbiasa membuat teh setiap pagi? Salah satu teh yang dianggap sehat adalah teh hijau. Meski dalam bentuk teh celup, green tea cukup digemari karena khasiatnya yang lebih baik untuk kesehatan.

Tak hanya itu, teh hijau bisa membantu mempercantik kulit. Bunda bisa menggunakan kantong teh celup dari green tea untuk merawat kulit. Kandungan di dalam teh tersebut dapat melindungi kulit dari penuaan, inflamasi, dan anti-mikroba.

"Ada beberapa manfaat teh hijau dalam merawat kulit," ungkap Hasan Mukhtar, PhD, seorang profesor dan direktur penelitian di departemen dermatologi di Case Western Reserve University di Cleveand dilansir WebMD.


Pooja Nagdev, Aromatherapist serta Cosmetologist, mengatakan bahwa teh hijau celup bisa membantu meremajakan kulit wajah. Green tea celup juga bisa membuat kulit lebih rileks.

Bunda tertarik mencobanya? Berikut cara menggunakan kantong teh celup dari green tea sebagai perawatan wajah:

-Merawat wajah dengan teh celup/ Foto: iStock

1. Mengatasi Bengkak Mata

Jangan langsung membuang teh celup setelah digunakan. Simpan saja dalam kulkas, Bunda. Satu kantong green tea bisa digunakan kembali sebagai perawatan kecantikan.

Rendam sekantong teh celup green tea dalam air mawar dan dinginkan. Letakkan kantong teh celup di atas kelopak mata dalam keadaan tertutup selama 10 sampai 15 menit.

Kantong teh celup dapat memberikan relaksasi, menghilangkan stres, mengendurkan otot yang lelah, dan mengurangi bengkak mata.

2. Scrub

Mungkin Bunda bertanya-tanya, bagaimana membuat kantong teh celup green tea untuk menjadi scrub? Caranya gampang, Bunda. Potong saja kantong teh celup bekas dan keluarkan isinya.

Tambahkan 1 sendok teh gandum, madu, dan setengah sendok teh lemon untuk membuat pasta. Bunda bisa menambahkan minyak esensial favorit ke dalamnya.

Pooja menyarankan agar Bunda menggunakan minyak rosemary dan tea tree sebanyak 3 tetes. Pasta ini bisa diaplikasikan ke seluruh wajah bahkan tubuh untuk melakukan scrubbing.

3. Masker

Dilansir Times of India, gunakan kantong teh celup green tea sebagai masker wajah. Cara menggunakan kantong teh celup green tea sebagai masker, buka dua kantong teh celup bekas.

Campurkan isi daun teh celup ke dalam satu sendok teh kulit jeruk dan curd untuk membuat pasta. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air hangat setelahnya.

3. Toner

Tahukah Bunda kalau kantong teh celup bisa digunakan sebagai toner? Cara menggunakan kantong teh celup menjadi toner dengan menyimpan semua kantong teh celup bekas dalam botol (kurang lebih 5 bungkus).

Masukkan 200 ml air ke dalamnya. Tambahkan 2 buah lemon, 1 sendok teh cuka sari apel, dan 5 tetes minyak esensial (rosemary disarankan). Simpan dalam kulkas selama 8-10 jam dalam botol spray.

Setelahnya, toner sudah bisa digunakan. Semprotkan ke seluruh wajah untuk mendapatkan kesegarannya.

Tertarik mencobanya di rumah?

Bunda, simak juga yuk cara membuat masker alami untuk mengatasi komedo seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi