Sign Up search


moms-life

3 Bahan Alami untuk Perawatan Kulit Wajah di Rumah, Murah Meriah

Annisa Afani Minggu, 22 Mar 2020 15:26 WIB
3 Bahan Alami untuk Perawatan Kulit Wajah di Rumah, Murah Meriah Ilustrasi buah alpukat/Foto: iStock
Jakarta -
Dalam memilih produk kecantikan, Bunda tentunya harus mengutamakan yang berbahan dasar aman dan alami agar tidak berbahaya. Namun, tidak semua jenis kulit bisa cocok dengan semua bahan alami ya.
Sebabnya, setiap orang memiliki kulit berbeda. Sehingga reaksi yang ditimbulkan oleh pemakaian bahan alami pun berbeda-beda.

"Bahan alami pun bisa menunjukkan adanya reaksi, sebab setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda," ucap ahli dermatologi, Jennifer Chwalek, MD.


Namun bukan berarti Bunda tak bisa mencoba sejumlah bahan alami untuk perawatan muka. Selain mudah didapat, harganya pun murah meriah, Bun. Cocok untuk kantong ibu rumah tangga.

Melansir dari Thespadr, berikut perawatan kulit wajah yang bisa dipraktikkan hanya dengan memanfaatkan beberapa bahan-bahan yang ada di rumah sebagai berikut:


1. Kompres teh dingin untuk lingkar hitam mata

Caranya, Bunda cukup celupkan dua kantong teh hijau, hitam, atau boleh menggunakan chamomile dalam air panas selama kurang dari satu menit.
Selanjutnya, keluarkan kantong teh dari air panas dan dinginkan ke dalam kulkas menggunakan wadah. Setelah dirasa cukup, bunda bisa menggunakan teh yang sudah dingin tersebut sebagai kompres di mata yang tertutup selama 5-15 menit.

"Kandungan tanin dalam teh celup mampu menghentikan perubahan warna di sekitar mata," ujar dr. James C. Marotta, dikutip dari Good Housekeeping.

Dilansir Medical News Today, polifenol yang terkandung dalam teh hijau dan teh hitam mengandung antioksidan dan dapat melindungi kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Polifenol mencakup banyak komponen yang berbeda, termasuk epigallocatechin-3-gallate (EGCG).



2. Alpukat untuk kulit dehidrasi

Selain menghidrasi kulit, omega 3 dan asam lemak omega 6 yang terkandung dalam buah alpukat juga mampu menghaluskan kulit. Bunda cukup menghaluskan 1 sendok makan alpukat yang ditambah 1 sendok makan lemon. Setelah itu, oleskan pada wajah dan biarkan selama 5 - 15 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat.

3. Masker pepaya dan nanas untuk mengangkat sel kulit mati

Gunakan pepaya sebanyak 1/4 cangkir, dan tambahkan sepotong nanas segar dan haluskan. Oleskan ke kulit kering dan biarkan selama 5 - 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Asam alfa hidrosi dan enzim dalam kandungan tersebut mampu melarutkan kulit mati yang kering. Bunda hanya perlu melakukan ini sekali atau dua kali dalam seminggu.
Selamat mencoba ya, Bunda.

Bunda juga bisa nonton video bahan-bahan perusak kecantikan kulit berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi