sign up SIGN UP search


moms-life

5 Kesalahan Menata Ruangan Sempit di Rumah Minimalis

Asri Ediyati Rabu, 24 Jun 2020 09:05 WIB
Stylish and minimalistic scandi interior of living room with design furnitures. Home decor. caption
Jakarta -

Sempit atau luasnya ruangan tak menentukan suasana atau ambience di rumah. Ruangan sempit di rumah minimalis pun bisa terasa luas jika kita akali dan tata dengan benar. Mulai dari pemilihan furnitur hingga cat dinding pun perlu selektif.

Supaya ruangan terlihat luas, ada beberapa kesalahan yang perlu Bunda hindari saat menatanya. Apa saja? Berikut lima kesalahan menata ruang sempit di rumah minimalis yang telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber:

1. Kurangnya pencahayaan alami


Mengutip dari My Domaine, cahaya alami adalah 'teman terbaik' dari ruangan sempit. Untuk itu, Bunda bisa mengakalinya dengan menempatkan cermin di dinding yang berlawanan dari jendela untuk memantulkan dan menyebarkan cahaya. Pilihlah tirai dari anyaman atau tirai vitrase agar sinar matahari masuk ruangan.

2. Banyaknya dekorasi kecil

Kurangi dekorasi kecil yang sekiranya tak perlu. Memang sih bisa jadi pemanis, tapi kalau ruangannya sempit lebih baik dekorasi kecil tidak dipajang ya, Bunda.

"'Kekacauan' seperti itu di ruang kecil tidak perlu. Coba dan pilih dinding dan letakkan seluruhnya di penyimpanan," kata Tali Roth dari Tali Roth Designs di New York, mengutip Refinery29.

3. Furnitur terlalu besar

Sesuaikan ukuran furnitur dengan ruangan. Jangan membeli furnitur yang terlalu memakan tempat. Menurut perancang interior Jeremiah Brent, yang terpenting fokus pada skala dan proporsi.

4. Cat dinding berwarna gelap

Cat dinding berwarna gelap juga membuat ruangan terkesan sempit. Mungkin Bunda bisa memilih warna-warna cerah dan netral, seperti krem, coklat muda, abu-abu muda.

"Saya pikir itu memberi ruang kecil begitu banyak kehidupan dan kepribadian, tetapi juga bermain pada ukuran, membuatnya terasa lebih signifikan dalam dampaknya bahkan jika itu kecil," ujar Roth.

5. Terlalu banyak motif dalam ruangan

Di ruangan yang sempit, hindari dekorasi yang memiliki terlalu banyak motif. Moderasi atau kesederhanaan adalah kunci. Misalnya hindari bantal atau permadani yang memiliki banyak motif.

Simak juga rumah minimalis dengan konsep serba putih melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi