sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Menyimpan Jamur Tiram agar Tahan Lama dan Tidak Berlendir

Asri Ediyati Senin, 29 Jun 2020 05:20 WIB
oyster mushroom on white background Cara Menyimpan Jamur Tiram agar Tahan Lama dan Tidak Berlendir/ Foto: Thinkstock
Jakarta -

Jamur tiram adalah jenis jamur yang dapat dimakan dan umum dijumpai di Indonesia. Ya, jamur tiram adalah salah satu jamur yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Jamur ini diberi nama jamur tiram karena topi (bagian atasnya) berbentuk tiram dan batang yang sangat pendek (atau sama sekali tidak ada).

Jamur ini juga mirip dengan warna tiram mentah. Jamur tiram biasanya berwarna abu-abu muda atau coklat keabu-abuan. Namun, jamur tiram ini juga memiliki beberapa warna lain termasuk kuning dan merah muda.

Dilansir Grocycle, jamur tiram adalah salah satu jenis jamur termudah untuk tumbuh, karena pertumbuhannya yang cepat dan toleransi terhadap kondisi pertumbuhan.


Namun, yang namanya jamur, jika tidak segera diolah atau penyimpanan yang salah bisa cepat busuk dan berlendir. Lalu, bagaimana cara menyimpan jamur tiram agar tahan lama dan tidak berlendir?

1. Jangan disimpan di wadah tertutup

Mengutip dari Permaculture Magazine, jamur tiram tidak awet di wadah tertutup dan kantong plastik. Plastik membuat jamur tiram berlendir. Sementara kantong kertas membuatnya cepat kering.

Pekerja memperlihatkan jamur tiram seusai dipanen di tempat budidaya Desa Lam Manyang, Aceh Besar, Jumat (19/1). Budidaya jamur menjadi salah satu usaha industri rumah tangga yang permintaan pasar terus meningkat dengan harga dijual Rp40.000 hingga Rp50.000 perkilogram. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/aww/18.jamur tiram/ Foto: Antara Foto

2. Jangan mencucinya

Jangan mencuci jamur tiram yang akan disimpan, jika Bunda mencucinya maka air akan memicu jamur berlendir. Namun, jika Bunda merasa jamurnya kotor sekali dan banyak tanah, maka cuci sebentar dan segera keringkan dengan tisu dapur.

3. Sikat kering dengan lembut

Yang terbaik, bersihkan dengan sikat kering yang lembut. Simpan di kompartemen sayuran di lemari es atau di dalam kotak plastik terbuka yang sedikit terbuka sehingga jamur tersebut 'bisa bernapas'.

Jika penyimpanan tepat, maka jamur tiram akan bertahan selama dua minggu dalam kondisi baik.

Simak juga resep olahan jamur shimeji melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi