sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Alami Mewarnai Rambut, Kopi & Teh Bisa Menutup Uban

Arina Jumat, 26 Jun 2020 18:07 WIB
Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copy space for your text. coffee bag and with sliced caption
Jakarta -

Bunda ingin sesekali mewarnai rambut untuk tampil beda di depan Ayah? Namun bingung membeli pewarna seperti apa. Beberapa wanita bahkan khawatir dengan bahan kimia pewarna yang bisa merusak rambut.

Banyak pewarna rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya dan bisa merusak mahkota kepala kita, Bunda. Rambut akan menjadi kusam dan kering setelah diwarnai.

Meski demikian, Bunda bisa mencoba mewarna rambut sendiri menggunakan bahan-bahan alami di rumah saja. Selain lebih sehat, cara mewarnai rambut dengan bahan alami tentu lebih hemat, Bun.


Berikut lima cara mewarnai rambut dengan bahan alami, seperti kopi hingga lemon:

1. Beetroot

Beetroot atau buah bit merupakan pewarna alami untuk rambut. Cara mewarnai rambut di rumah jika ingin tampak kemerahan yang alami dan bagus, buah bit merupakan pilihan terbaik.

Cara mewarnai rambut dengan buah bit, siapkan secangkir jus bit dan wortel. Lalu oleskan ke rambut sampai merata. Tutup menggunakan handuk hangat selama kurang lebih 3 jam. Bilas dengan air dingin dan perhatikan perubahan warna rambut Bunda.

kopi lemonLemon untuk mewarnai rambut/ Foto: istimewa

2. Lemon

Dilansir Times of India, cara mewarnai rambut alami lainnya dengan menggunakan lemon. Kandungan asam lemon bisa membantu memberikan kesan natural hair dye yang cantik.

Peras lemon dan tambahkan satu sendok air. Masukkan ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan ke seluruh rambut. Ketika sudah lembap, tutup, dan berjemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih satu jam. Baru kemudian bilas dengan air biasa.

3. Kopi

Kopi bisa menjadi pewarna rambut yang bagus ketika Bunda ingin menutupi uban. Kopi bisa menghasilkan warna rambut cokelat gelap. Cara mewarnai rambut dengan kopi, seduh dulu kopi hitam kental dan biarkan dingin.

Tambahkan dua sendok makan kondisioner rambut ke dalam kopi. Campurkan ke dalam wadah lalu oleskan pada rambut.

Diamkan selama kurang lebih satu jam. Cuci dengan air biasa dan hindari menggunakan sampo, Bunda.

4. Chamomile tea

Chamomile tea bisa menjadi bahan pewarna rambut alami. Cara mewarnai rambut dengan chamomile tea bisa dengan merebus bunganya.

Langkah pertama mewarnai rambut menggunakan chamomile tea, rebus setengah cangkir chamomile tea. Diamkan selama kurang lebih satu jam.

Basahi rambut Bunda dan tuangkan teh yang sudah diseduh setidaknya 10 kali. Biarkan selama 16 menit dan bilas. Ulangi prosesnya setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan warna cerah.

Teh hitamTeh hitam untuk warnai rambut/ Foto: iStock

5. Teh Hitam

Teh hitam juga bisa membantu Bunda menutupi uban. Cara mewarnai rambut menggunakan teh hitam dengan menyeduh beberapa cangkir teh hitam yang kuat. Bunda bisa gunakan 5 kantong teh hitam celup atau 5 sendok makan bubuk.

Dinginkan airnya dan tuangkan ke rambut. Biarkan rambut terendam teh selama kurang lebih 30 menit. Baru kemudian bilas menggunakan air hangat.

Bunda, simak juga yuk cara alami menutup uban seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi