sign up SIGN UP search


moms-life

Manfaat Minum Air Putih untuk Cegah Kecemasan di Era New Normal

Siti Hafadzoh Sabtu, 27 Jun 2020 18:16 WIB
Minum air putih caption
Jakarta -

Asupan cairan tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik. Ternyata, hidrasi juga memengaruhi kesehatan mental seseorang lho, Bunda. Apalagi, sekarang kita sedang menghadapi era kenormalan baru alias new normal, kecemasan mungkin akan bertambah.

Menurut penjelasan Ketua Indonesian Hydration Working Group Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, hidrasi memiliki pengaruh langsung pada kecemasan. Pikiran serta mood kita juga dipengaruhi oleh tingkat hidrasi.

"Kadang-kadang, orang tidak tahu tingkat kecemasan sangat dipengaruhi oleh status hidrasi," kata Diana, dalam Webinar Hidrasi Sehat dan Mindfulness untuk Kurangi Kecemasan Hadapi Normal Baru, Kamis (25/6/2020).


Bahkan, ada penelitian yang menyebut kalau hidrasi kurang satu persen saja, kita akan menunjukkan gejala perubahan mood lho, Bunda. Salah satunya adalah kecemasan.

Di kesempatan yang sama, Adjie Santosoputro, Praktisi Mindfulness dan Emotional Healing, memaparkan, kesehatan mental termasuk kecemasan berkaitan erat dengan kesehatan fisik. Kalau kita dehidrasi, menurutnya, tentu akan sulit untuk menangani kondisi mental.

"Mental sama tubuh adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kalau kita merawat tubuh, berarti kita juga merawat mental," kata Adjie.

Ia menambahkan, ketika sedang cemas, biasanya kita ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis. Makanan dan minuman manis memang bisa sedikit meredakan cemas, tapi ini sifatnya hanya sesaat ya, Bunda.

Jadi, ketika kecemasan atau mengalami gangguan mood, bisa jadi Bunda kekurangan asupan cairan nih. Makanya, perlu minum air putih yang cukup, yaitu 7 gelas per hari untuk perempuan dan 8 gelas per hari untuk laki-laki.

Lihat juga pesan bijak Lenna Tan untuk orang yang ingin menikah muda berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi