sign up SIGN UP search


moms-life

Update Corona di Indonesia: 52.812 Postif, 21.909 Sembuh & 2.720 Meninggal

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 27 Jun 2020 21:13 WIB
Doctors looking after infected patients in hospital, coronavirus concept. caption
Jakarta -

Angka penyebaran virus Covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi. Hingga hari ini, kasus baru masih banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Jika sebelumnya Surabaya ditetapkan sebagai zona hitam penyebaran Corona, kini DKI Jakarta menyusul tingginya pasien yang terkonfirmasi Covid-19, Bunda. Menilik data yang dikeluarkan Kemenkes melalui akun Twitter resminya, jumlah penambahan pasien Corona per 27 Juni 2020 pukul 12.00 WIB, tercatat 1.385 orang.

Artinya, hari ini ada penambahan 576 pasien baru. Sedangkan pasien meninggal bertambah 37 orang, Bunda. Angka yang masih riskan dan tentunya tidak boleh kita abaikan begitu saja ya.


Selaras dengan data yang dikeluarkan BNPB melalui juru bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, hingga saat ini pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 52.812 kasus dengan 21.909 sembuh dan 2.720 meninggal.

Sedangkan dari hasil pemeriksaan RT-PCR dan TCM, spesimen yang telah diperiksa hari ini sebanyak 21.589 sehingga totalnya mencapai 757.370 spesimen. Sementara jumlah ODP mencapai 41.541 orang dan PDP sebanyak 13.522 orang.

Bagi Bunda yang tinggal di lima provinsi berikut pun dihimbau lebih hati-hati. Wilayah Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Bali mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Doctors looking after infected patients in hospital, coronavirus concept.Update virus Corona RI/ Foto: iStock

Untuk mencegah angka penularan semakin tinggi, Bunda disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan di masa new normal. Tim Komunikasi Publik Gugur Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat agar tak henti mengingatkan hal itu. Karena sebenarnya, protokol tersebut mudah dilaksanakan jika dilakukan bersama.

"Pastikan kita benar-benar berjarak satu sampai dua meter dengan yang lain. Dan orang yang dekat dengan kita harus melakukan hal yang sama. Gunakan masker di ruang publik, jangan cuma satu dua orang saja, semua orang di ruangan tersebut harus memakainya," kata Reisa.

Bunda, waspadai penyebaran virus Corona akibat buang masker sembarangan seperti dijelaskan video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi