sign up SIGN UP search


moms-life

Kantor Rawan Penularan Corona, 7 Protokol Pencegahan Ini Perlu Bunda Tahu

Annisa Afani   |   Haibunda Minggu, 19 Jul 2020 15:13 WIB
Sejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerja caption
Jakarta -

Hingga hari ini, kasus baru virus Corona di Indonesia masih terus bertambah, Bunda. Tentunya akibat dari masyarakat yang kurang disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

Dalam konferensi pers penanganan Corona yang disiarkan di akun YouTube BNPB, beberapa waktu lalu, dijelaskan juru bicara pemerintah Achmad Yurianto, penularan Corona di kantor sangat rentan. Ini disebabkan microdroplet yang mampu bertahan di udara dalam ruangan tertutup dengan sirkulasi buruk.

"Ternyata penambahan kasus banyak terjadi di lingkungan kerja dengan kualitas udara yang tidak bagus," kata Achmad Yurianto.


"Ruang kerja tanpa sirkulasi udara yang berjalan dengan lancar, yang hanya mengandalkan sistem pendingin udara dengan sirkulasi udara yang berputar di ruangan itu."

Dokter asal Malang ini juga menyoroti para karyawan yang kurang memerhatikan protokol kesehatan. Misal, tidak menggunakan masker saat bekerja di ruangan, atau makan siang bareng sambil ngobrol.

"Meski kita sudah terbiasa bertemu dengan rekan kerja di kantor, perlu diingat bahwa mereka juga berasal dari lingkungan risiko yang beda dengan kita. Oleh karena itu untuk tetap gunakan masker," tuturnya, dikutip sari detikcom, Minggu (19/7/2020).

Sejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerjaSejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerja/ Foto: Agung Pambudhy

Untuk menghindari penularan virus ini, yuk simak lagi protokol kesehatan berikut, Bunda:

1. Mengatur jam masuk jadi beberapa shift, sesuai kebutuhan agar kantor tidak ramai.

2. Beri jarak 1 - 2 meter pada tempat kerja antar karyawan.

3. Tidak melepas masker dan selalu menggunakannya dengan cara yang benar.

4. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik setiap beberapa waktu.

5. Menjamin sirkulasi udara dalam ruangan tetap berjalan dengan baik.

6. Berikan desinfektan secara rutin pada setiap meja kerja dan permukaan yang sering disentuh.

7. Hindari berbagi makanan dan minuman dengan rekan kerja. Usahakan bawa bekal dengan alat makan sendiri, serta tidak bergerombol saat istirahat dan makan siang.

Bunda, simak juga pentingnya menjaga jarak selama pandemi Corona dalam video berikut yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!