sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Sudah Tahu? 5 Tanaman Hias Ini Bisa Serap Debu di Rumah Lho

Mutiara Ananda Rabu, 09 Sep 2020 04:00 WIB
Spathe flower in flowerpot on wooden background caption
Jakarta -

Kata siapa udara dalam rumah terhindar dari polusi? Nyatanya, udara dalam rumah bisa lebih kotor dari yang kita bayangkan nih, Bunda.

Karena berisi banyak perabot dan benda rumah tangga, udara di dalam rumah bisa terkontaminasi dengan debu dan bahan kimia yang berpotensi menyebarkan racun.

Nah, untuk mengatasinya, Bunda dapat menanam beberapa tanaman hias yang berfungsi menyerap debu nih. Seperti 5 tanaman hias berikut, dirangkum dari berbagai sumber.


1. Peace Lily

Tidak hanya cantik, tanaman hias peace lily ternyata juga memiliki manfaat bagi kebersihan udara di rumah nih, Bunda. Tanaman ini dapat menyaring racun benzene, formaldehida, hingga amonia yang tersebar di ruangan tertutup.

Merawat peace lily juga tidak sulit. Tanaman hias ini tidak membutuhkan banyak air atau cahaya untuk tumbuh. Bunda bisa menyiram peace lily dengan air saat daunnya mulai layu.

2. Lidah Mertua

Bunda yang hobi mengoleksi tanaman hias pasti sudah sering mendengar kehebatan tanaman yang satu ini. Lidah mertua bisa menyerap debu, polusi, serta racun yang ada di udara nih, Bunda.

Tanaman hias lidah mertua juga tidak perlu sering disiram karena bisa beradaptasi dengan segala suhu ruangan. Tapi jauhkan tanaman ini dari si kecil ya, Bunda, karena bisa berbahaya jika tidak sengaja tertelan.

3. Spider Plant

Tanaman hias dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum ini juga bisa menyerap debu lho, Bunda. Spider plant bisa menghilangkan zat kimia berupa formaldehida dan xylene.

Tanaman hias yang tumbuh dengan cepat ini juga cukup mudah dirawat. Bunda bisa menyiramnya selama dua hingga tiga kali dalam seminggu.

4. Dracaena

Dracaena adalah tanaman hias dengan jenis daun yang panjang dan lebar. Biasanya tepian daun berwarna putih, merah, atau krem. Ternyata tanaman hias cantik ini juga bisa menyerap debu lho, Bunda.

Tanaman hias mungil satu ini mampu menangkal formalin, benzena, hingga trikloroetilen. Bagi Bunda yang memiliki hewan peliharaan, sebaiknya jauhkan dari tanaman ini karena bisa beracun bagi binatang.

5. Tanaman Karet

Rubber plant atau tanaman karet adalah tumbuhan berdaun hijau pekat yang berasal dari India. Tanaman hias hijau ini cocok untuk menyerap debu di pojok ruangan.

Tanaman karet hanya perlu disiram dengan air secukupnya agar tetap lembap, terutama di musim kemarau. Apabila terlihat lebat, Bunda bisa memangkas daun tanaman hias ini agar terlihat makin cantik.

Bunda suka tanaman hias yang mana?

Simak juga video tanaman hias termahal di dunia:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!