sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Work from Home Anti Stres untuk Ibu Pekerja

Kinan Jumat, 18 Sep 2020 11:02 WIB
ilustrasi ibu bekerja dan anak caption

Penyebaran virus corona kini semakin meningkat, sebagian besar kantor pun kembali menerapkan sistem bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Situasi ini tanpa disadari bisa memicu stres bagi Bunda, terutama jika ada beberapa faktor seperti suasana rumah yang tidak kondusif. Nah, apa saja tips WFH anti stres yang bisa coba diterapkan?

1. Siapkan jadwal yang terperinci

Jadwal aktivitas di rumah seringkali lebih berantakan dibandingkan di kantor ya, Bunda? Terutama jika anak-anak juga punya jadwal belajar dari rumah. Oleh karena itu, pastikan Bunda sudah menyiapkan jadwal jam kerja yang pasti. Misalnya di jam 8 sampai 11 siang, jadi waktu ini bisa secara efektif digunakan untuk bekerja.


2. Jangan lupa sarapan

Perut lapar juga bisa jadi pemicu rasa stres dan tak nyaman saat bekerja lho, Bunda. Jadi pastikan sebelum mulai bekerja, Bunda sudah sarapan dulu, ya. Cukupi juga kebutuhan cairan tubuh dengan cukup minum air putih. Jika perlu, siapkan camilan favorit juga!

3. Tentukan prioritas dalam keluarga

Apabila anak-anak ada tugas sekolah yang butuh pendampingan, tak ada salahnya untuk menemani sejenak. Menentukan prioritas penting supaya fokus Bunda saat bekerja juga tidak terganggu. Misalnya, saat memaksakan tetap bekerja tetapi anak justru merengek minta ditemani mengerjakan tugas sekolah.

4. Pastikan ada tempat bekerja yang nyaman

Bekerja di tempat khusus juga menjadi salah satu tips work from home anti stres yang bisa Bunda coba. Apabila tidak ada ruang kerja khusus, setidaknya siapkan spot tertentu untuk Bunda rutin bekerja. Buatlah senyaman mungkin, misalnya dengan meletakkan bantal favorit atau dilengkapi dengan musik supaya lebih bersemangat.

5. Tetap berikan waktu istirahat

Dikutip dari Very Well Mind, penting untuk menjaga pola tidur selama work from home. Ini guna kesehatan tubuh secara mental tetap terjaga. Pastikan Bunda tidak begadang saat tidur malam dan berikan jeda setidaknya 10 menit saat jam kerja untuk refreshing.

6. Lakukan bergantian dengan suami

Suami juga kebagian skema work from home Jakarta, Bunda? Nah, manfaatkan momen ini untuk membagi waktu kerja, ya. Saat Bunda bekerja, biarkan suami menemani anak-anak bermain dan begitu juga sebaliknya. Dengan demikian, anak tetap memiliki waktu bersama orang tua meski keduanya harus bekerja dari rumah.

7. Jaga komunikasi dengan rekan kerja

Untuk membantu kelancaran pekerjaan dan menghindari masalah, jangan lupa untuk tetap menjaga komunikasi dengan rekan kerja. Secara rutin, berikan informasi tentang pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi. Misalnya via chat atau video call.

Demikian beberapa tips WFH anti stres yang bisa Bunda terapkan di rumah. Tetap jaga kesehatan ya, Bunda!

Simak juga hikmah work from home Donna Agnesia dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi