sign up SIGN UP search


moms-life

10 Tanaman Hias Anthurium Paling Cantik, Bunda Sudah Punya yang Mana?

Mutiara Ananda Jumat, 09 Oct 2020 04:00 WIB
Beautiful brightness red Anthurium andraeanum , flamingo flowers or tailflower, painter's palette, and laceleaf. blossom in garden with  bright red spathe and heart shape green leaf. Nature background caption

Jakarta - Bicara soal tanaman hias favorit, tentunya kurang lengkap tanpa anthurium. Para pencinta tanaman hias biasanya menjadikan anthurium sebagai salah satu yang ditanam di rumah.

Ada banyak jenis anthurium yang menakjubkan dan mudah ditemui. Beberapa tanaman hias anthurium ini memiliki bunga merah dengan warna mencolok, dan beberapa lainnya punya daun berbentuk hati dengan pola corak yang menarik perhatian.

Buat Bunda yang penasaran, berikut ini selengkapnya soal aneka jenis tanaman hias anthurium yang paling cantik, dilansir Leafy Place.


1. Flamingo lily

Flamingo lily atau Anthurium andraeanum memiliki bunga berwarna merah yang cantik seperti plastik. Selain merah, bunga flamingo lily sering ditemui dengan warna pink-hijau, atau pink-putih.

Daun tanaman hias ini sangat lebat dan berwarna hijau tua dengan bentuk hati. Tanaman hias yang biasa disebut dengan bunga flamingo itu bisa tumbuh subur di suhu yang hangat, tanah dengan drainase baik, dan kelembapan tinggi.

2. Anthurium scherzerianum

Jenis tanaman hias anthurium yang satu ini memiliki daun besar nan indah berbentuk tombak yang meruncing ke satu titik. Selain itu, bunganya berwarna merah dengan gagang merah muda. Tanaman hias ini biasa disebut dengan anthurium ekor babi karena terdapat gagang yang melengkung dan memutar.

Di daerah tropis, anthurium scherzerianum memiliki variasi warna cantik nih, Bunda. Mulai dari krem, hijau, merah, hingga oranye.

3. Velvet cardboard anthurium

Velvet cardboard anthurium merupakan jenis tanaman hias tropis yang memiliki daun hijau tua nan besar berbentuk hati. Lalu dipermukaan daun tampak corak warna putih yang unik.

Tak sulit merawat anthurium yang satu ini. Tempatkan tanaman hias ini di lokasi yang cerah tapi terhindar dari sinar matahari langsung ya, Bunda.

4. Anthurium ace of spades 

Tanaman hias dengan nama ilmiah Anthurium crystallinum ini memiliki daun besar berbentuk oval dengan bulu halus. Mirip dengan karton beludru, tanaman ini memiliki urat putih menonjol yang berkilau.

Saat besar, tanaman hias anthurium ini bisa tumbuh mencapai ukuran 2 hingga 3 kaki. Pastikan Bunda memangkas daunnya agar tanaman hias ini kembali mendapat energi.

5. King anthurium

Tanaman hias king anthurium memiliki bunga besar yang bisa tumbuh mencapai 1 kaki atau sekitar 30 cm jika ditanam dalam ruangan. Enggak heran ya kalau anthurium ini disebut sebagai raja. 

Daunnya berwarna hijau zamrud mengkilap yang bisa tumbuh hingga beberapa meter. Sementara teksturnya tebal dan kasar.

6. Queen anthurium

Varietas yang satu ini memiliki daun beludru berwarna hijau tua yang panjang dan besar. Uratnya memiliki warna putih keperakan yang kontras. Saat dewasa, queen anthurium bisa tumbuh hingga 6 kaki atau sekitar 2 meter.

Saat merawat tanaman hias anthurium jenis ini, Bunda perlu perhatikan suhu dan kelembapan udara, nih. Pastikan suhu tetap hangat dan kelembapannya tinggi, ya.

7. Anthurium vittarifolium

Anthurium jenis ini memiliki daun menyerupai tali yang panjang dan tipis. Daunnya bisa menjuntai hingga 2 meter. Saat mekar, tanaman hias ini akan menghasilkan bunga merah yang cantik.

Daun anthurium vittarifolium memiliki bulu berwarna hijau tua dengan corak kuning yang cantik. Sekilas, daunnya tampak seperti sikat.

8. Anthurium forgetii

Anthurium forgetii berasal dari Kolombia, dan telah beradaptasi dengan baik jika ditanam di dalam ruangan. Daunnya berbentuk bulat seperti telur. 

Selain itu, daun anthurium ini bertekstur beludru dengan ukuran besar dan warna hijau tua yang cantik. Bunganya berwarna hijau muda hingga kuning. Terkadang ada pula yang berwarna merah dan ungu.

9. Black anthurium 

Black anthurium atau anthurium watermaliense adalah tanaman hias yang paling unik karena memiliki daun yang terlihat berwarna hitam. Meski sebenarnya, daun anthurium ini warnanya ungu yang sangat gelap.

Untuk bagian daun, bentuknya melengkung ke dalam. Nah, anthurium yang biasa disebut bunga hitam ini juga akan mekar secara teratur jika di tanam di dalam ruangan.

10. Bird’s nest anthurium 

Tanaman hias yang biasa disebut sarang burung ini hampir serupa dengan jenis anthurium yang lainnya. Daunnya berwarna hijau dan berbentuk lonjong menyerupai sendok besar.

Ketika mekar, ia akan menghasilkan duri panjang keunguan yang berdiri tegak. Bunda bisa menjadikan anthurium sarang burung ini sebagai tanaman hias indoor, karena  tumbuh dengan cukup baik dalam pot besar di dalam ruangan. 

Simak juga video tanaman hias tropis:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi