sign up SIGN UP search

moms-life

6 Pilihan Tanaman Hias Daun untuk Menghijaukan Suasana Rumah Bunda, Adem Deh!

Tim HaiBunda Jumat, 03 Sep 2021 04:00 WIB
Decorative sansevieria plant on wooden table in living room. Sansevieria trifasciata Prain in gray ceramic pot. caption
Jakarta -

Menambahkan tanaman hias daun di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk membuat nuansa lingkungan lebih hijau dan segar. Jangan salah ya, Bun perawatan tanaman hias macam ini memang relatif lebih mudah dibandingkan dengan tanaman berbunga.

Jika tanaman berbunga akan tampil menarik pada saat bunganya bermekaran, tanaman dengan daun yang cantik akan selalu memberikan keindahan tersendiri setiap waktu. Selain perawatan yang mudah, harga tanaman hias daun juga relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan tanaman yang berbunga.

Ini tentunya bisa menjadi keunggulan untuk pilihan yang lebih banyak supaya koleksi tanaman di rumah semakin meriah. Berikut adalah beberapa macam pilihan tanaman hias dengan daun yang menarik yang bisa dijadikan pilihan untuk dekorasi di rumah.


Banner resep Rp200 ribuBanner resep Rp200 ribu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

1. Lidah mertua

Siapa yang tidak familiar dengan tanaman hias daun bernama lidah mertua? Coraknya yang khas dengan daun yang memanjang ke atas menjadikan tanaman ini cocok jika ditaruh di dalam pot dan diletakkan di dalam rumah. Tanaman ini juga bisa dibiarkan tumbuh di pekarangan dan bisa memberikan corak yang menarik dengan gaya seperti pagar alami.

2. Gelombang cinta

Siapa masih ingat tren tanaman anthurium pada tahun 2007 silam? Saat itu, gelombang cinta menjadi tanaman hias yang banyak dicari orang. Harganya bahkan bisa mencapai ratusan juta, Bun!

Entah animo apa yang menyebabkan tanaman hias ini naik daun. Yang jelas, penampilan daunnya memang eksotis dengan tapak yang lebar dan sisi-sisi bergelombang.

3. Suplir

Orang Belanda menyebut tanaman hias paku-pakuan ini dengan sebutan chevelure. Mungkin itu pula asal-muasal dari penyebutan suplir. Tanaman dengan warna hijau yang menyejukkan ini mudah untuk tumbuh. Perawatannya juga tergolong minimalis dan tidak membutuhkan banyak perhatian. Rumah bisa nampak lebih sejuk, Bun!

4. Kuping gajah

Tanaman dengan daun menarik selanjutnya yaitu kuping gajah. Bentuk waru yang ada dengan ukuran daunnya yang lebar membuat kuping gajah cocok ditaruh di dalam pot. Peletakan yang bagus untuk tanaman ini adalah di teras rumah dan di lantai. Taruh saja di sudut-sudut rumah sehingga membuat kesan yang asri.

5. Tanduk rusa

Tanduk rusa bisa menjadi tanaman hias gantung yang indah untuk memperindah dekorasi luar rumah. Tanaman ini memiliki daun dengan pola yang menyebar dan cukup rimbun. Bunda bisa menaruh tanaman ini di pot dan membuat gantungan khusus agar daun yang ada nantinya menjuntai ke bawah.

6. Pucuk merah

Rimbun dengan warna daun yang khas, pucuk merah juga bisa menghias pekarangan dengan sangat asri. Ini merupakan pilihan tanaman hias daun outdoor yang juga cocok untuk membuat kesan sejuk dan menarik mata. Perawatannya cukup mudah, Bunda bisa memangkas pohon pucuk merah jika sudah terlalu rimbun.

Itulah beberapa jenis tanaman yang bisa dipilih untuk menghias rumah. Pekarangan semakin sejuk dengan tanaman hias daun dan keindahannya pun memesona. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tanaman hias yang bisa redakan batuk dan baik untuk pernapasan.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!