sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Supaya Bunda Tetap Punya Tabungan Setelah Pandemi Corona

Siti Hafadzoh Minggu, 25 Oct 2020 09:13 WIB
An attractive young housewife wears a shirt at home and examines gas and electricity bills. grimly considers spending this month and is under stress when checking accounts. caption
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, salah satu yang menjadi kekhawatiran adalah uang. Banyak orang yang malah menjadi boros ketika pandemi atau mungkin ingin menghamburkan uang setelah pandemi berakhir.

Bunda perlu trik untuk menghemat uang selama pandemi, dan bisa juga dipertahankan setelah pandemi berakhir. Dengan begini, Bunda bisa punya banyak uang tabungan nih.

Dilansir Good Morning America, ini 3 tips supaya Bunda tetap punya tabungan setelah pandemi Corona:


1. Pertimbangkan perubahan gaya hidup

Bunda mungkin merasakan pengeluaran makan selama pandemi COVID-19 menjadi berkurang. Ini karena Bunda dan keluarga sudah jarang makan di restoran, traveling, dan belanja.

Nah, Bunda perlu pertimbangan untuk mempertahankan gaya hidup ini meski ketika pandemi berakhir. Pandemi ini bisa menjadi penyesuaian untuk Bunda dan keluarga.

"Jika Anda telah menyesuaikan hidup dengan cara menghemat uang dan Anda senang dengan apa yang terjadi, pertimbangkanlah," kata Lacey Langford, seorang financial trainer.

Salah satu cara mengurangi pengeluaran adalah mempertimbangkan yang tidak terlalu penting. Lihat apakah Bunda perlu mengeluarkan uang untuk hal tersebut.

2. Buat rencana menabung

Memiliki tujuan uang tabungan akan digunakan untuk apa adalah cara yang penting dalam membangun kebiasaan yang baik. Kalau tidak punya tujuan, Bunda mungkin akan menghabiskan uangnya dengan mudah.

"Tapi ketika sesuatu memiliki tujuan dan sasaran, kemudian Anda akan berpikir dua kali sebelum menghabiskan uang itu," ujar Langford.

Membuat tujuan menabung dapat membuat Bunda lebih hati-hati dalam mengambil keputusan. Supaya tetap pada tujuan, tulis untuk apa uang tersebut disimpan.

3. Hindari kebiasaan 'aku pantas mendapatkannya'

Setelah berbulan-bulan berpisah dari orang yang dicintai, jangan sampai jatuh pada kebiasaan 'saya pantas mendapatkannya'. Sekarang ini, banyak orang yang berpikir bahwa mereka harus diberi penghargaan.

"Menghabiskan uang adalah hak Anda, Anda telah bekerja keras untuk itu dan Anda harus membelanjakannya. Tapi, perhatikan bagaimana Anda ingin membelanjakan uang dengan cara yang berharga," ujar Langford.

Lihat tips mengelola keuangan ala Astrid Tiar di video ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!