sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Jangan Khawatir, Vaksin COVID-19 Dipastikan Aman & Lolos Uji Klinis

Jujuk Ernawati Selasa, 10 Nov 2020 18:01 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. caption
Jakarta -

Vaksin menjadi harapan masyarakat untuk mengakhiri pandemi COVID-19 di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah pun melalui Kementerian Kesehatan tengah fokus menuntaskan peta jalan vaksinasi atau roadmap COVID-19, Bunda.

Roadmap ini akan digunakan sebagai panduan dalam tahapan vaksinasi, termasuk penerima vaksin, jadwal vaksin, dan distribusi vaksin. Namun, sebagian masyarakat merasa resah dan khawatir tentang keberadaan vaksin COVID-19 karena adanya informasi yang simpang siur.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengimbau supaya masyarakat tidak perlu khawatir dan resah lantaran vaksin yang akan digunakan untuk mengatasi COVID-19 dipastikan aman.


"Karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)," katanya, dikutip dari laman covid19.go.id.

Wiku menjelaskan bahwa WHO optimistis para peneliti mampu mengembangkan vaksin COVID-19 yang aman dan efektif. Jumlah vaksin potensial yang sedang dikembangkan di sejumlah negara di dunia beragam dan sudah masuk uji klinis fase 3, Bunda.

Sementara pemerintah Indonesia kini sedang melakukan akselerasi persiapan logistik dan sumber daya manusia (SDM) untuk mempersiapkan vaksin COVID-19. Vaksin tersebut nantinya didistribusikan berdasarkan skala prioritas, mulai dari kelompok yang berisiko.

Sembari menunggu vaksin COVID-19 tuntas dan didistribusikan, Wiku meminta kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-harinya. Ini demi menangkal diri dari penularan virus COVID-19.

"Kami berharap tidak semata-mata menunggu vaksin dan mengabaikan protokol kesehatan. Saat ini, taat protokol kesehatan adalah satu-satunya jalan terhindar dari COVID-19," tutur Wiku.

Nah, jangan lupa selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu untuk #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan dan #cucitanganpakaisabun sesuai imbauan #satgascovid19.

Bunda juga simak tentang virus influenza yang makin berbahaya jika tercampur dengan COVID-19, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi