sign up SIGN UP search


moms-life

3 Alasan Bunda Harus Coba Bertanam Hidroponik, Bisa Hasilkan Uang

Yuni Ayu Amida Minggu, 15 Nov 2020 15:06 WIB
Young Asian hydroponics organic farmer collecting vegetables salad into basket with nursery greenhouse. People lifestyles and business. Indoor agriculture and cultivation  environment gardener concept caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat kita saat ini lebih banyak menghabiskan waktu di dalam daripada luar rumah. Itu sebabnya, kini berkebun di rumah pun menjadi salah satu kegiatan yang mulai digandrungi.

Nah, salah satu cara yang disukai orang saat ini adalah berkebun hidroponik, Bunda. Ternyata ada alasan menarik kenapa membudidaya tanaman secara hidroponik menjadi pilihan tepat untuk Bunda saat berkegiatan di rumah.

Berikut ini 3 alasan bertanam hidroponik, dilansir buku Hidroponik: Bertanam Sayuran Tanpa Tanah.


1. Menyenangkan

Bertanam dengan hidroponik kini menjadi hobi baru khususnya bagi masyarakat di perkotaan. Salah satu tujuannya adalah sebagai sarana menyalurkan hobi bercocok tanam di sekitar rumah.

Sempitnya lahan di perkotaan yang membuat pekarangan rumah jadi sempit membuat hidroponik jadi solusi untuk Bunda yang senang bercocok tanam.

Tahapan-tahapan dalam hidroponik, mulai dari menyemai, menyaksikan pertumbuhan tanaman, hingga proses panen menjadi sebuah proses yang menyenangkan bagi para penghobi hidroponik.

2. Membuat rumah dan lingkungan lebih asri

Bunda yang tidak punya halaman luas di rumah, tetap bisa berkebun. Salah satu caranya memang dengan sistem hidroponik ini.

Tanaman hidroponik sedikit banyak bisa ikut mempercantik tampilan rumah Bunda. Meskipun tanamannya kecil-kecil, tapi keindahan tetap memancar. Kehadiran tanaman hidroponik dalam jumlah banyak bisa pula meningkatkan keasrian rumah juga lingkungan lho.

Bunda pun bisa makin kreatif. Hal ini karena hidroponik dengan berbagai sistemnya bisa mendorong kreativitas orang yang hobinya menciptakan dan menyusun, atau menata sistem dengan rapi.

3. Menjadi peluang usaha

Selain sebagai sarana menyalurkan hobi, hidroponik juga berpeluang menciptakan usaha sampingan. Orang yang hobi menanam hidroponik bisa menjual sayuran hasil panennya, baik secara langsung atau offline ke lingkungan sekitar, maupun dipasarkan secara online.

Hidroponik dinilai berpotensi menjadi peluang usaha di bidang pertanian modern. Melihat saat ini angka konsumsi sayuran di dalam negeri terus meningkat. Angka impor sayuran juga masih tinggi.

Artinya pasokan sayuran dalam negeri sangat dibutuhkan. Bunda mungkin berawal dari panen jumlah kecil. Namun ketika sudah bisa panen dalam jumlah besar, bukan tidak mungkin untuk mendapat keuntungan dari berjualan hasil panen tanaman sayuran hidroponik.

Simak juga manfaat luar biasa berkebun bareng anak dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi