sign up SIGN UP search


moms-life

Pulang Umrah, Jemaah Harus Dikarantina di Asrama Haji Pondok Gede

Nurcholis Ma Jumat, 13 Nov 2020 11:34 WIB
Mecca, in a desert valley in western Saudi Arabia, is Islam’s holiest city, as it’s the birthplace of the Prophet Muhammad and the faith itself. caption
Jakarta -

Jemaah umrah dari Arab Saudi yang tiba di Indonesia harus bersabar untuk bisa pulang ke rumahnya masing-masing. Selayaknya warga negara yang bepergian ke luar negeri, jemaah umrah harus menjalani testing (pemeriksaan) sebagai langkah screening COVID-19.

Sambil menunggu hasil tes, maka jemaah akan dikarantina di Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatannya dan bebas dari COVID-19.

"Apabila tes menunjukkan hasil tes yang positif (Covid-19), maka jemaah akan dirujuk ke rumah sakit untuk memperoleh penanganan lebih lanjut. Bagi jemaah umrah dengan hasil tesnya yang negatif COVID-19, maka wajib menjalani isolasi di fasilitas kesehatan yang ditentukan pemerintah," ujar Wiku, dikutip dari covid19.go.id, Jumat (13/11/2020).


Seperti diketahui, penyelenggaraan ibadah umrah di Indonesia harus merujuk Keputusan Menteri Agama No 719 Tahun 2020. Regulasi ini sebagai pedoman penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi COVID-19.

Dalam regulasi yang mengatur penyelenggara perjalan ibadah umrah, jemaah harus memperhatikan mekanisme karantina. Calon jemaah juga memperhatikan kuota pemberangkatan dan memperhatikan pelaporan keberangkatan, kedatangan, dan kepulangan.

Regulasi ini disusun untuk memberikan perlindungan kepada jemaah umrah agar tidak terjadi penularan selama jemaah menjalani ibadah umrah. Jemaah wajib mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan selama berada di Tanah Suci.

(mul/ega)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi